Logo UIM
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PRODI PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
|
|||||||||||||||
MATA KULIAH
|
KODE
|
Rumpun MK
|
BOBOT (SKS)
|
SEMESTER
|
Direvisi
|
|||||||||||
Penulisan Naskah Drama
|
|
BAhaasa dan Sastra
|
T=3
|
P=1
|
IV
|
22 – 08 – 2017
|
||||||||||
OTORISASI
|
Pengembang
RP
|
Koordinator
RMK
|
Ka PRODI
|
|||||||||||||
Andi Sahtiani Jahrir
|
Andi sahtiani Jahrir
|
Supriadi Sikki, S.Pd., M.Pd.
|
||||||||||||||
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Program
Studi
|
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||||
Mata Kuliah
|
|
|||||||||||||||
Mahasiswa mampu
memahami tahapan-tahapan dalam penulisan naskah drama dan mampu
mengaplikasikan dalam praktik penulisan naskah drama.
|
||||||||||||||||
Diskripsi Singkat MK
|
Mata
kuliah Penulisan Naskah Drama merupakan mata kuliah yang memberikan materi
keahlian penulisan naskah drama dalam format Drama Lepas Pada mata kuliah ini
mahasiswa akan mendapatkan panduan dan langkah-langkah penulisan naskah
drama, serta praktik penulisan naskah drama.
|
|||||||||||||||
Pustaka
|
Utama :
|
|
||||||||||||||
Cook,
Martie, Write To serial TV focal Press: Amsterdam, 2007
Costello,
John, Writing a Screenplay Pocket Essentials, Harpenden, Herts,2004
Dethridge, Lisa, Writing
Your Screenplay, Allen & Unwin: Crows Nest, 2003
Dune,
Will, The Dramatic Writers Companion, the university of chicago press, chicago and London:
2009
Egri, Lajos,
The Art of Dramatic Writing, Touchstone
Books, 1946 hal 32-118
Pratista, Himawan, Memahami Film,
Homerian Pustaka, Jakarta: 2008 hal 13-28
Suban, Fred,
Yuk Nulis Skenario Sinetron, Gramedia Pustaka Utama, 2009.
|
||||||||||||||||
Pendukung :
|
|
|||||||||||||||
1.
Mabruri N, Anton. 2013. Panduan Penulisan Naskah
Drama. Jakarta: Gramedia Pustaka
|
||||||||||||||||
Media Pembelajaran
|
Software :
|
Hardware :
|
||||||||||||||
Materi ajar ( Power Point, youtube)
|
Laptop, LCD, White Board.
|
|||||||||||||||
Team Teaching
|
·
Andi Sahtiani Jahrir, S.Pd., M.Pd.
|
|||||||||||||||
Mata Kuliah Syarat
|
-
|
|||||||||||||||
Mg Ke-
|
CP-K
(Sesuai tahapan belajar)
|
Materi
Pembelajaran
[Pustaka]
|
Metode / Strategi Pembelajaran
[ Estimasi Waktu]
|
Assessment
|
||||||||||||
Indikator
|
Bentuk
|
Bobot
|
||||||||||||||
1,2
|
[C2] Mahasiswa dapat
Menjelaskan Konsep Penulisan naskah
drama
Perbedaan
drama lepas dan Seri/series
Pengertian
cerita (review)
|
Kontrak Kuliah
Konsep dasar
Penulisan naskah drama
·
Definisi
penulisan naskah
·
Defenisi penulisan naskah drama
·
Perbedaan drama lepas dengan drama series
·
Pengertian cerita (review)
|
· Tanya Jawab
· Studi Kasus
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Kemampuan menjelaskan penulisan naskah drama
·
Kemampuan menjelaskan perbedaan drama lepas dan
drama series
·
Kemampuan menjelaskan pengertian cerita
|
·
Tugas
|
10%
|
||||||||||
3, 4
|
[C2] Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan cara menentukan sebuah tema, Seting, Ruang, dan waktu
|
Deskripsi tentang
pengertian tema yang terkandung dalam drama
·
Definisi premis
·
Definisi tema
·
Cara
menentukan sebuah tema
·
Cara
menentukan Setting
·
Cara
menentukan ruang, dan waktu
|
· Ceramah,
· Diskusi
· Studi Kasus
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Kemampuan menjelaskan definisi
premis
·
Kemampuan menjelaskan tentang defini tema
·
Kemampuan menjelaskan cara
menentukan sebuah tema
·
Kemampuan menjelaskan cara
menentukan sebuah Setting
·
Kemampuan menjelaskan cara
menentukan sebuah ruang dan waktu
|
·
Tugas
|
5%
|
||||||||||
5,6
|
[C2] Mahasiswa mampu menentukan tokoh, tentang prinsip tiga dimensi
|
Pengertian
tokoh dan karakter
Dimensi
Fisik
Dimensi
Sosial
Dimensi
Psikologi
|
· Ceramah,
· Diskusi
· Studi Kasus
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Kemampuan menjelaskan
tentang tokoh dan karakter sebuah drama berdasarkan dimensi fisik
·
Kemampuan menjelaskan
tentang tokoh dan karakter sebuah drama berdasarkan dimensi sosial
·
Kemampuan menjelaskan
tentang tokoh dan karakter sebuah drama berdasarkan dimensi psikologi
|
·
Tugas
|
10%
|
||||||||||
7
|
· Mahasiswa mampu menentukan tokoh,
tentang Antagonis protagonist, pendukung, crowd dll.
· Mahasiswa mampu berpikir tentang Plot alur, alur
tunggal/ganda
|
·
Karakter menurut alur cerita Protagonis, Antagonis
Pendukung cerita & Crowd
·
Pengertian Plot
Alur
Maju
Alur
Mundur
Alur
Spartan
|
·
Ceramah
·
Presentasi
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Kemampuan menjelaskan tentang
alur cerita protagonist, antagonis, pendukung cerita, dan crowd
·
Kemampuan menjelaskan pengertian
plot. Alur maju, mundur, alur spontan
|
·
Tugas
|
10%
|
||||||||||
8
|
Evaluasi Tengah Semester
|
|||||||||||||||
9
|
·
Mahasiswa mampu menyusun
Kerangka Cerita/synopsis
·
Menulis plot
berpikir dari kejadian
|
·
Teknik menulis synopsis
·
Praktik menyusun synopsis
·
praktik menyusun plot dari
sebuah kejadian
|
· Ceramah,
· Tugas individu dan kelompok
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Kemampuan membuat sinopsis
·
Kemampuan membuat plot
dari sebuah kejadian
|
·
Kuis
|
5%
|
||||||||||
10
|
Mahasiswa mampu mengembang dialog
|
Pengembangan
dialog
Teknik-teknik
mengembangkan dialog
|
· Tugas individu dan kelompok
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Kemapuan
membuat/mengembangkan sebuah dialog dari sebuah cerita
|
·
Tugas
|
5%
|
||||||||||
12
|
Mahasiswa mampu mengembangkan
adegan
|
Teknik Mengembangkan adegan
|
· Tugas individu dan kelompok
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Kemampuan membuat sebuah
adegan dari dialog yang ada
|
·
Tugas
|
5%
|
||||||||||
13
|
Mahasiswa dapat Menyunting adegan , menyajikan dramatisasi
|
Praktik menyunting
adegan
|
· Tugas individu dan kelompok
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Mahasiswa mampu menyunting
adegan
·
praktik
|
Tugas
|
10%
|
||||||||||
14
|
Tugas akhir I
|
1. Praktik komprehensif I
|
2.
Tugas
individu dan kelompok
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Praktik
|
·
Tugas
|
15%
|
||||||||||
15
|
Tugas akhir II
|
Praktik
komprehensif II
|
· Tugas individu dan kelompok
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
|
·
Praktik
|
·
Tugas
|
15%
|
||||||||||
16
|
Evaluasi Akhir Semester
|
|||||||||||||||
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Tatap Muka I
1.
Jurusan / Progr
2.
am Studi :
Ilmu Administrasi Negara
3.
Mata Kuliah :
Etika Administrasi Negara
5.
Jumlah Satuan Kredit Semester
(SKS) : 3 SKS
6.
Deskripsi Mata Kuliah
Lingkup utama kajian mata kuliah ini memberika cakrawala bagi
para mahasiswa tentag dasar-dasar pola perilaku (Etika, moral dan norma) bagi
para pemegang otoritas (kewenanga) abdi masyarakat (birokrat) dalam menjalankan
fungsi serta peranannya dalam mengabdi pada negara terutama dalam tatara
pelayanan bagi masyarakat / publik.
1.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
[C2] Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai hal
yang menyangkut Konsep etika administrasi negara dalam konsep/ teori serta
mahasiswa mampu memberikan contoh penerapannya dalam lingkup Administrasi
negara
2.
Capaian Pembelajaran Khusus
[C2] Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep etika dan moral
3.
Indikator
a.
Kemampuan mendefinisikan etika dan moral
b.
Kemampuan menjelaskan landasan etika
c.
Kemampuan menjelaskan permasalahan etika sosial
4.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu:
a.
Menjelaskan definisi etika dan moral
b.
Menjelaskan landasan etika
c.
Menjelaskan permasalahan etika sosial
5.
Substansi Kajian
Substansi atau materi dari perkuliahan ini mencakup:
b.
Landasan etika
c.
Permasalah etika sosial
6.
Langkah Pembelajaran
A. Prakondisi
Metode Perkuliahan
1.
Ceramah,
2.
Tanya Jawab
3.
Studi Kasus
Sumber Belajar
2.
Bertens, K. 2001. Pengantar Etika Bisnis, Jogjakarta: Kanisius
3.
Frans Magnis Suseno, 1985. Etika
Dasar, Jogjakarta: Kanisius
B. Prosedur Pembelajaran
1). Kegiatan dosen
-
Pendahuluan
Dosen
membukaan perkuliahan, menyampaikan kontrak perkulihan, menyampaikan Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah, kemudian menyampaian Capain Pembelajaran untuk
pertemuan hari ini. Selanjutnya Dosen menentukan syarat-syarat mengikuti
perkuliahan ini, dan menjelaskan ruang lingkup perkuliahan, serta dosen membuka
sesi tanya jawab berkaitan dengan perkuliahan ini.
-
Penyajian
Dosen
menjelaskan konsep etika dan moralitas, landasan etika, dan permasalahan etika
sosial. Kemudian dosen membuka sesi diskusi dengan mahasiswa mengenai topik
hari ini.
-
Penutup
Dosen
memberikan pertanyaan untuk ditanggapi mahasiswa, memberikan feedback
berdasarkan jawaban mahasiswa, kemudian memberikan tugas individu sebagai bahan
tindak lanjut dari materi hari ini, dan menutup perkuliahan.
2). Kegiatan mahasiswa
-
Pendahuluan
Mahasiswa
memperhatikan dan mencatat penjelasan dosen mengenai penjelasan awal tentang
mata kuliah ini. Mahasiswa menyampaikan tanggapan terhadap penjelasan awal
dosen.
-
Penyajian
Mahasiswa
memperhatikan dan mencatat penjelasan materi kuliah hari ini. Mahasiswa
berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi yang dibuka oleh dosen. Mahasiswa
memberikan tanggapan mengenai materi hari ini, baik dalam bentuk pertanyaan
maupun pernyataan sebagai sharing knowledge yang berkaitan dengan materi hari
ini maupun mata kuliah secara keseluruhan.
-
Penutup
Mahasiswa
menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen, dan mendengarkan feedback
langsung terhadap jawaban pertanyaan yang dijelaskan oleh dosen. Kemudian
mahasiswa mendengarkan penjelasan tugas yang akan dikerjakan sebagai bahan
tindak lanjut dari materi hari ini.
7.
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran berupa buku teks sesuai
dengan sumber belajar, yaitu Buku Wahyudi
Kumorotomo. 2013. Etika Administrasi Negara. Jakarta :Bumi , Bertens, K. 2001.
Pengantar Etika Bisnis, Jogjakarta dan Kanisius
Frans Magnis Suseno, 1985. Etika Dasar, Jogjakarta: Kanisius. Untuk materi
pembelajaran hari ini, akan membahas tentang Etika & moralitas, landasan
etika dan permasalah etika sosial.
8.
Proses Evaluasi (Assesment)
-
Keaktifan dalam diskusi,
dalam hal menjawab pertanyaan atau memberikan sebuah pernyataan sebagai sharing
knowledge dari mahasiswa (Kognitif).
-
Keseriusan dalam
mengikuti materi perkuliahan dan diskusi, dan tidak melakukan hal-hal yang
dapat mengganggu jalannya proses perkuliahan (Afektif).
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Tatap Muka 2
1.
Jurusan / Program Studi : Ilmu Administrasi Negara
2.
Mata Kuliah :
Etika Administrasi Negara
3.
Kode Mata
Kuliah :
KK512203
4.
Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) : 3 SKS
5.
Deskripsi
Mata Kuliah
Lingkup
utama kajian mata kuliah ini memberika cakrawala bagi para mahasiswa tentag
dasar-dasar pola perilaku (Etika, moral dan norma) bagi para pemegang otoritas
(kewenanga) abdi masyarakat (birokrat) dalam menjalankan fungsi serta
peranannya dalam mengabdi pada negara terutama dalam tatara pelayanan bagi
masyarakat / publik.
7. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
[C2] Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai hal yang menyangkut Konsep
etika administrasi negara dalam konsep/ teori serta mahasiswa mampu memberikan
contoh penerapannya dalam lingkup Administrasi negara
8.
Capaian Pembelajaran Khusus
[C2] Mahasiswa
mampu menjelaskan definisi etika administrasi publik dalam konsep/teori
9.
Indikator
a.
Kemampuan menjelaskan definisi administrasi publik
b.
Kemampuan menjelaskan maksud legitimasi sosiologis & legitimasi etis
c.
Kemampuan menjelaskan legitimasi kekuasaan negara
10.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui pembelajaran
ini, mahasiswa diharapkan mampu:
a.
Menjelaskan definisi administrasi publik
b.
Menjelaskan maksud legitimasi sosiologis & legitimasi etis
c.
Menjelaskan legitimasi kekuasaan negara
11.
Substansi
Kajian
Substansi
atau materi dari perkuliahan ini mencakup:
b.
Antara legitimasi sosiologis & legitimasi etis
c.
Legitimasi kekuasaan negara
d.
Filsafat normatif bagi aparatur
12. Langkah Pembelajaran
A. Prakondisi
Metode Perkuliahan
a.
Ceramah,
b.
Presentasi
c.
Studi Kasus
Sumber Belajar
a. Kumorotomo,
Wahyudi. 2013. Etika Administrasi Negara. Jakarta :Bumi
b.
Bertens,
K. 2001. Pengantar Etika Bisnis, Jogjakarta: Kanisius
c.
Frans
Magnis Suseno, 1985. Etika Dasar,
Jogjakarta: Kanisius
B. Prosedur Pembelajaran
1). Kegiatan dosen
-
Pendahuluan
Dosen membukaan
perkuliahan, menyampaikan kontrak perkulihan, menyampaikan Capaian Pembelajaran
Mata Kuliah, kemudian menyampaian Capain Pembelajaran untuk pertemuan hari ini.
Selanjutnya Dosen menentukan syarat-syarat mengikuti perkuliahan ini, dan
menjelaskan ruang lingkup perkuliahan, serta dosen membuka sesi tanya jawab
berkaitan dengan perkuliahan ini.
-
Penyajian
Dosen
menjelaskan definisi etika administrasi publik,
penjelasan mengenai legitimasi sosiologis & legitimasi etis, legitimasi
kekuasaan negara , dan filsafat normatif bagi aparatur. Kemudian dosen
membuka sesi diskusi dengan mahasiswa mengenai topik hari ini.
-
Penutup
Dosen memberikan
pertanyaan untuk ditanggapi mahasiswa, memberikan feedback berdasarkan jawaban
mahasiswa, kemudian memberikan tugas individu sebagai bahan tindak lanjut dari
materi hari ini, dan menutup perkuliahan.
2). Kegiatan mahasiswa
-
Pendahuluan
Mahasiswa
memperhatikan dan mencatat penjelasan dosen mengenai penjelasan awal tentang
mata kuliah ini. Mahasiswa menyampaikan tanggapan terhadap penjelasan awal
dosen.
-
Penyajian
Mahasiswa
memperhatikan dan mencatat penjelasan materi kuliah hari ini. Mahasiswa
berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi yang dibuka oleh dosen. Mahasiswa
memberikan tanggapan mengenai materi hari ini, baik dalam bentuk pertanyaan
maupun pernyataan sebagai sharing knowledge yang berkaitan dengan materi hari
ini maupun mata kuliah secara keseluruhan.
-
Penutup
Mahasiswa
menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen, dan mendengarkan feedback
langsung terhadap jawaban pertanyaan yang dijelaskan oleh dosen. Kemudian
mahasiswa mendengarkan penjelasan tugas yang akan dikerjakan sebagai bahan
tindak lanjut dari materi hari ini.
13. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran berupa buku teks sesuai dengan sumber belajar, yaitu
Buku Wahyudi Kumorotomo. 2013. Etika Administrasi
Negara. Jakarta :Bumi , Bertens, K. 2001. Pengantar Etika Bisnis, Jogjakarta dan
Kanisius Frans Magnis Suseno, 1985. Etika
Dasar, Jogjakarta: Kanisius. Untuk materi pembelajaran hari ini, akan
membahas definisi etika administrasi publik, penjelasan mengenai legitimasi
sosiologis & legitimasi etis, legitimasi kekuasaan negara , dan filsafat
normatif bagi aparatur
14.
Proses
Evaluasi (Assesment)
-
Keaktifan dalam diskusi, dalam hal menjawab
pertanyaan atau memberikan sebuah pernyataan sebagai sharing knowledge dari
mahasiswa (Kognitif).
-
Keseriusan dalam mengikuti materi perkuliahan
dan diskusi, dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu jalannya proses
perkuliahan (Afektif).
-
KONSTRUKSI
SOAL FINAL
Fakultas :
Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi :
Ilmu
Administrasi Negara
Kode \ Nama Matakuliah :
KK512203
\ Etika Administrasi Negara
Jumlah SKS :
3 SKS
Lama Ujian :
UTS (90
menit) \ UAS (90 menit)
Jumlah Soal Tes :
UTS (7
soal) \ UAS (7 soal)
No.
|
Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
|
Jenis Soal
|
Jumlah Soal
|
|
Terbatas
|
Uraian Bebas
|
|||
1.
|
Konsep Etika dan Moral
a.
Etika & moralitas
b.
Landasan etika
c.
Permasalah etika sosial
|
|
1
|
1
|
2.
|
Konsep dan Teori Etika Administrasi Publik
a.
Definisi etika administrasi public
b.
Antara legitimasi sosiologis & legitimasi etis
c.
Legitimasi kekuasaan negara
d.
Filsafat normatif bagi aparatur
|
|
1
|
1
|
3.
|
Konsep Moral Administrator
a.
Birokrasi: konsep, tujuan & moral
b.
Kehidupan pribadi pejabat pemerintah
c.
Wibawa birokrat
d.
Peran etika dalam pembangunan
|
|
1
|
1
|
4.
|
Kode Etik Para Birokrat
a.
Etika kepegawaian & lembaga publik
b.
Hak intelektual, pengetahuan & keterampilan
c.
Etos kerja dalam pemerintahan
|
|
1
|
1
|
5.
|
Etika Jabatan & Etika Legislatif
a.
Pengertian jabatan & etika jabatan
b.
Etika yang berlandaskan pancasila
c.
Etika jabatan dalam hubungan antara pimpinan dan
karyawan
d.
Hubungan kesejajaran dengan karyawan
e.
Etika jabatan dalam hubungan dengan masyarakat
f.
Etika legislatif
|
|
1
|
1
|
6.
|
Etika dalam Kebijakan Publik
a.
Gagasan tentang welfare state
b.
Keadilan social
c.
Partisipiasi masyarakat dalam kebijakan public
|
|
1
|
1
|
7.
|
Etika Pelayanan Publik
a.
Urgensi pelayanan publik
b.
Hakikat pelayan publik & etika
c.
Etika birokrasi dalam pelayanan publik
|
|
1
|
1
|
8.
|
Birokrasi dan Kepentingan Umum
a.
Asas-asas umum birokrasi yang baik
b.
Nilai yudisial
c.
Norma pengawasan
d.
Kepentingan umum: antara konsep dan praktek
|
|
1
|
1
|
9.
|
Integritas & Keetikaan Organisasi
a.
Nilai & prinsip etika layanan publik
b.
Keyakinan public terhadap kejujuran
c.
Etika dalam hubungan masyarakat
d.
Etika & masyarakat madani
e.
Mengelola integritas organisasional
f.
Suasana keetikaan organisasi
|
|
2
|
2
|
10.
|
Pertanggungjawaban dalam birokrasi publik
a.
Sistem pertanggungjawaban secara normatif
b.
Mekanisme kawal & imbang
c.
Akuntabilitas birokrasi publik
|
|
1
|
1
|
11.
|
a.
Pengembangan
etika kerja
b.
Pengembangnan
pribadi administrator
c.
Pengembangan diri
menjadi orang adil
|
|
1
|
1
|
12
|
a.
Wilayah2 rawan
penyakit administratif
b.
Pengendalian
diri aparatur administrasi
c.
Aparatur
sebagai pelaksana amanah
|
|
1
|
1
|
13.
|
a.
Pengertian
korupsi
b.
Dampak korupsi
c.
Kejahatan
pejabat dan hukuman
d.
Buruknya
struktur dan hukuman
e.
Upaya menangkal korupsi
|
|
1
|
1
|
Jumlah Soal
|
0
|
14
|
14
|
Keterangan:
UTS : Ujian Tengah Semester
UAS : Ujian Akhir Semester
PEDOMAN
PENSKORAN
Pokok Bahasan : Konsep Etika dan Moral
Sub Pokok Bahasan : Etika dan Moralitas
Soal Uraian:
“Jelaskan pengertian dan contoh dari etika dan moral!”
Pedoman Penskoran:
Uraian jawaban soal
|
Bobot skor
|
Pengertian dan Contoh dari Etika
dan Moral
1.
Etika (Yunani Kuno “ethikos” yang berarti timbul
dari kebiasaan”) adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama
filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai
standard an penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep
seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Menurut para ahli
etika tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam
pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang
buruk. Selain itu menurut kamus besar Bahasa Indonesia etika adalah ilmu
tentang apa yang baik dana pa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral
(akhlak); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak; nilai
mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat.
Contoh :
·
Dalam Kehidupan sehari-hari: tata cara
berbusana yang dipergunakan harus disesuaikan dengan lingkungan dimana kita
berada, maksudnya agar ada kesopanan dalam tata cara berpakaian.
·
Tata cara bicara yang dipergunakan, yaitu
menggunakan bahasa yang baik dan benar.
·
Ketika masuk kerumah orang lain, harus
mengetuk pintu rumah dan memberikan salam.
·
ketika dijamu makan malam dengan pejabat. Ada
beberapa aturan yang harus diikuti atau yang dikenal dengan istilah table
manner. Salah satu etikanya adalah usahakan tidak ada bunyi
dentingan sendok ketika makan.
·
Ketika membuang sampah. Bukanlah manusia yang
etis tentunya jika membuang sampah tidak pada tempatnya.
·
Contoh terakhir adalah merokok. Jika merokok
tidak pada smoking area tentunya bukanlag hal etis karena asap rokok yang
tersebar akan merugikan banyak orang yang menghisapnya.
2.
Pengertian Moral: Kata moral merupakan kata yang
berasal dari bahasa latin ‘mores’, mores sendiri berarti adat kebiasaan atau
suatu cara hidup. (Gunarsa, 1986). Moral pada dasarnya adalah suatu rangkaian
nilai dari berbagai macam perilaku yang wajib dipatuhi. (Shaffer, 1979)
Contoh :
·
Tidak terdapat adanya unsur suatu pemaksaan
suatu agama tertentu kepada orang lain, dengan demikian masyarakat dan bangsa
Indonesia menjunjung tinggi nilai nilai HAM.
·
Kalau kita menemukan tas yang berisikan
dokumen penting dan juga sejumlah uang yang terdapat dalam tas tersebut.
Seandainya kita memiliki moral yang baik maka kita akan memberikan tas itu
kepada pemiliknya atau kalau tidak pada yang berwajib.
|
2 Poin
3 Poin
2 Poin
3 Poin
|
Total
skor
|
10
poin
|
|
- Tujuan Tugas :
Mahasiswa mampu menjelaskan kode etik yang ada pada lingkup administrasi
negara
- Uraian Tugas :
a.
Obyek
Review artikel yang membahas mengenai pelanggaran kode etik yang terjadi di ruang
lingkup administrasi negara, serta berikan kritik dan saran dari artikel
tersebut
b.
Ruang
Lingkup Tugas
Mahasiswa melakukan review mengenai pelanggaran kode etik
yang terjadi di ruang lingkup administrasi negara, contohnya pelanggaran
etika kedokteran, etika rumah sakit, dan lain sebagainya serta berikan kritik
dan saran dari artikel tersebut.
c.
Metode
Pengerjaan Tugas
Pengerjaan tugas dilakukan secara individu, dengan
bahan pengerjaan tugas dapat diperoleh dari buku-buku teks, surat kabar,
majalah maupun langsung disunting dari internet. Tugas disusun ke dalam bentuk
makalah
d.
Hasil
Tugas
Hasil tugas disajikan ke dalam
paper (Ms. Word), dengan menyertakan identitas mahasiswa ke dalam bentuk Cover
(sampul) tugas. Tugas dikumpulkan paling lambat 24 jam sebelum dimulai
perkuliahan selanjutnya.
- Kriteria Penilaian :
a.
Sistematika Penyajian Laporan (20%)
b.
Keberhasilan membuat tugas dengan mandiri (20%)
c.
Kesesuaian Teori (30%)
d.
Keberhasilan dalam mempresentasikan tugas (30%)
Jumlah (100%)
Contoh Summary Penilaian
Mahasiswa
NO
|
Nama
Mahasiswa
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
Skor
Total
|
||||
Sikap
dan kehadiran
|
QUIS
|
TUGAS
|
UTS
|
UAS
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Nama PTS : Universitas Andi Djemma Palopo
Mata Kuliah : Etika Administrasi Negara
Semester : IV (empat)
NO
|
NAMA MAHASISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
NILAI
|
Ketuntasan
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
T
|
TT
|
||||
1
|
Anto
|
4
|
3
|
4
|
3
|
|
70
|
Baik
|
T
|
|
2
|
Nabila
Ulfa
|
5
|
3
|
3
|
3
|
|
60
|
Cukup
|
T
|
|
3
|
Lilis
|
3
|
3
|
4
|
3
|
|
65
|
Baik
|
T
|
|
4
|
Ibar
|
2
|
4
|
3
|
3
|
|
60
|
Cukup
|
T
|
|
5
|
Muzdalifah
|
1
|
2
|
2
|
2
|
|
55
|
Cukup
|
T
|
|
6
|
Ibrahim
|
2
|
2
|
2
|
3
|
|
45
|
Kurang
|
|
TT
|
7
|
Nuraswatun
|
4
|
3
|
4
|
3
|
|
70
|
Baik
|
T
|
|
8
|
Intan
|
3
|
4
|
3
|
3
|
|
65
|
Baik
|
T
|
|
9
|
Aslam
|
3
|
3
|
2
|
2
|
|
50
|
Cukup
|
T
|
|
10
|
Afrianto
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
40
|
Kurang
|
|
TT
|
Keterangan aspek yang dinilai :
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
SKOR
|
1
|
Keberhasilan menyetor tugas tepat waktu.
|
5
|
2
|
Keberhasilan membuat tugas yang up to date.
|
5
|
3
|
Keberhasilan membuat tugas dengan mandiri.
|
5
|
4
|
Keberhasilan dalam mempresentasikan tugas.
|
5
|
Jumlah Skor Maksimum
|
20
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
||
3
|
2
|
1
|
|
Tepat waktu
|
Mahasiswa menyetor tugas tepat waktu
|
Mahasiswa menyetor tugas melewati batas ketentuan dari
hari perjanjian penyetoran tugas
|
Mahasiswa tidak menyetor tugas sama sekali
|
Up to date
|
Masiswa mampu membuat tugas makalah tentang isu-isu masalah kebijakan publik
yang up to date
|
Masiswa mampu membuat tugas makalah tentang isu-isu kebijakan publik
tapi kekiniannya masih kurang.
|
Masiswa tidak mampu membuat makalah tentang isu-isu kebijakan publik
yang up to date
|
Mandiri
|
Mahasiswa dapat membuat tugas makalah tentang isu-isu kebijakan publik
dengan mandiri
|
Mahasiswa membuat tugas makalah tentang isu-isu kebijakan publik dengan masih atas bantuan temannya.
|
Mahasiswa membuat tugas makalah tentang isu-isu kebijakan publik dengan cara mendownload
dan copy paste dari internet.
|
Mempresentasikan tugas
|
Mahasiswa mempresentasikan hasil tugasnya dengan bahasa
yang mudah dimengerti dan disampaikan secara percaya diri
|
Mahasiswa mempresentasikan hasil tugasnya dengan benar
secara substantif, bahasa mudah dimengerti dan disampaikan kurang percaya
diri
|
Mahasiswa mempresentasikan hasil tugasnya dengan benar
secara substantif, dengan bahasa sulit dimengerti dan disampaikan tidak
percaya diri
|
Keterangan :
Nilai :
Baik (>61)
Cukup (50-60)
Kurang (<50)
Comments
Post a Comment