Skip to main content

PAPPASENG TO UGI

PAPPASENG BUGIS (ppes)

Pappaseng berasal dari kata dasar paseng yang berarti pesan yang harus dipegang sebagai amanat, berisi nasehat, dan merupakan wasiat yang perlu diketahui dan diindahkan. Pappaseng dalam bahasa Bugis mempunyai makna yang sama dengan wasiat dalam bahasa Indonesia. Pappaseng dapat pula diartikan pangaja’ yang bermakna nasihatyang berisi ajakan moral yang patut dituruti. 
Dalam tulisan punagi (1983:1) dinyatakan bahwa pappaseng adalah wasiat orang tua kepada anak cucunya (orang banyak) yang harus selalu diingat sehingga amanatnya perlu dipatuhi dan dilaksanakan atas rasa tanggung jawab.
Mattalitti (1980:5) juga mengemukakan bahwa pappaseng bermakna petunjuk-petunjuk dan nasihat dari nenek moyang orang bugis zaman dahulu untuk anak cucunya agar menjalani hidup dengan baik.
Jadi, pappaseng adalah wasiat orang-orang tua dahulu kepada anak cucunya (generasi berikutnya) yang berisi petunjuk, nasihat, dan amanat yang harus dipatuhi dan dilaksanakan agar dapat menjalani hidup dengan baik.

50.    Pappaseng yang berhubungan dengan kesetiaan
a.    aEKtu mtu nmlEbo wnuwea. mCji alE lipuea msol lolGEeG. lENEni auG pnsea. msobuni lEPuea ripslni tujuea. tERipgEtE bEciea. siaeR bel tauew. siblublu sibEelbEela. nig riat aiyn riblu. ntuwoaini sErisEri dpurEeG. tEmduPu apiea. risElorE aluea. risepa ptpiea. aiyptu nttEp kErEn neRpi api adE tEmjuelkaiea pbtPulwE.

Engka tu matu namalebbo wanuwae. Mancaji ale’ lipue masola lolange’nge. Leceni unga panase. Masobuni lempue ripasalani tujue. Tenripagetteng bencie. Sianre bale tauwe. Sibalu balu sibelle bellea. Niga riataiyana ribalu. Natuwoini seri-seri dapurengnge. Temmadumpu apie. Riselore’ alue. Risapea patapie. Iyapatu natetepa kerena nanrepi api ide temajulekaie pabatampulaweng.

b.    “Akan datang suatu masa kelak dimana negeri, ditimpa malapetaka, perkampungan menjadi hutan belantara, pergaulan bebas, nangka tak berputik (kebenaran yang tersembunyi), yang benar disalahkan, tak direntangkan alat pelurus (tak dilaksanakan aturan hukum) saling memakanlah orang seperti ikan (yang kuat dan besar memakan yang kecil), saling menjual, saling membeli, siapa yang kecil terkecoh, dialah yang dijual, dapur ditumbuhi rumput, api tak menyala, lesung ditelungkupkan, niru digantung. Nanilah tertimpa keramatnya adat, jika orang yang bersalah dimakan api adat (baru ada tertib hukum, jika orang yang melanggar hukum dijatuhi pidana)’’.

c.    Keadaan masyarakat yang kacau balau ditimpa kelaparan dan wabah, dengki, dan perbuatan sewenang-wenang merajalela, pemimpin keadaan baru berubah jika orang-orang yang melanggar hukum benar-benar dijatuhi pidana sesuai dengan hukum yang berlaku. (Enre, dkk. 1985/1986)

51.    Pappaseng yang berhubungan dengan keteguhan
a.    tElu rial todo aiynritu gEtE. lEPu. n ad toGE.

Tellu riala todo iyanaritu getteng. Lempu. Na ada tongeng.

b.    “Ada tiga hal yang dijadikan patokan yaitu : ketegasankejujuran, dan ucapan yang benar

c.    Tidak mungkin ada keteguhan selama diliputi keragu-raguan, sedangkan keragu-raguan timbul diakibatkan oleh perbuatan yang tidak diyakini kebenarannya.
(Enre, dkk. 1985/1986)

52.    Pappaseng yang berhubungan dengan keagamaan
a.     aliRuko ri pua altal pua mrj adPE ri lino nEnia ri aehr.

Alinrungko ri puang alataala puang maraja madampeng ri lino nennia ri ahera’

b.    “Berlindunglah kepada Tuhan, Tuham Maha pemberi ampun di dunia dan di akhirat”

c.     Bertaubatlah kepada Tuhan, Tuhan pemberi ampun di dunia dan di akhirat. Ada beberapa pendahulu kita yang telah berupaya untuk melestarikan pappaseng ini, baik berupa penulisan kembali naskah pappaseng maupun berupa penelitian dan berbagai bentuk tulisan lainnya, seperti yang telah dilakukan oleh Mangemba(1956), Mattulada(1975); Amir, dkk.(1982), Rahim(1985),. Haddade (1986), Mattalitti, dkk.(1986), Punagi(1989),  Enre(1992), dan Said D.M. (1997). Beberapa tulisan itulah yang memberikan inspirasi kepada penulis menyajikan makalah ini untuk mengungkap nilai-nilai luhur yang terdapat dalam pappaseng yang dianggap masih relevan dengan kehidupan masyarakat Bugis hingga saat iniMeskipun demikian, pappaseng bukan hanya perlu dilestarikan dalam bentuk tulisan dan berbagai dokumen melainkan pappaseng itu perlu disosialisasikan, diajarkan, dan diimplemen-tasikan dalam berbagai aspek kehidupan.

53.    Pappaseng berhubungan dengan tingkah laku
a.    aj mual wrPr nerko tniy wrPrmu
aj mual aju ripseR nerko tniy iko pseRai
aj mual aju riwEt wli nerk tnia iko Petai

Ajak muala waramparang narekko taniya waramparammu
Ajak muala aju ripasanre narekko tania iko pasanrei
Ajak muala aju riwetta wali narekko tania iko mpettai

b.    Jangan mengambil barang-barang yang bukan milikmu
Jangan mengambil kayu yang disandarkan jika bukan engkau yang menyandarkannya
Jangan mengambil kayu yang ditetak ujung pangkalnya jika bukan engkau yang menetaknya

c.    Pappaseng tersebut mengungkapkan kebiasaan orang kampung yang menyandar-nyandarkan  atau menetak kedua ujung kayu yang diambilnya di hutan sebagai tanda sudah berpemilik.

54.    Pappaseng tingkah laku
a.     Naiy ponlEpuea tElu Rupai aiynritu.
esauw naiyp npoadai kdopi moleaGi.
mduan aiyp npogauai kdopi lurueaGi ri muRipi 
tauea.
mtElun tEneaeRkiea wrPr riplolo tenskrE adad mdiaolon.

“Naiyya ponnalempuq e tellu nrupai iyanaritu :
Seuwwa naiyyapa napoadai kadopi molaengi.
Madduana iyapa napogaui kadopi luruiengi, ri munripi tauwe.
Matelluna tennaenrekie waramparang ripaloloq, tennasakkareng ada-ada madiolonna.

b.    Yang menjadi pangkal kejujuran ada tiga macam yaitu pertama dikatakan ya bila sanggup melaksanakannya.Kedua dilakukannya bila mampu menanggung resikonya. Ketiga tidak menerima bahan sogokan, tidak meyangkal terhadap kata-kata yang pernah diucapkan.

c.     Pappaseng ini menjelaskan mengenai dasar kejujuran. Sifat-sifat yang dimiliki orang jujur, orang jujur tidak akan bias menyanggupi sesuatu apabila ia tidak dapat melaksanakannya, menanggung resikonya dan ia tidak akan pernah melupakan apa yang pernah dia katakan.

55.    Pappaseng tingkah laku
a.     aj llo nslaiko ac sibw lEPu
naiyriasEea ac edgg msaus npogau
edto ad msaus nbli ad medec mlEmea
mtEpEki ri pdt ruptau
naiy riasEeG lEPu mkEsiGii gaun
ptujuai nwnwn medec aeP aePn
nemtau riedwtea

Ajaq nasalaiko acca sibawa lempuq
naiya riasenge acca degaga masaussa napogauk
de`to ada masaussa nabali ada madeceng malem-mak e
mtepekki ri padana rupatau
naiya riasenge lempuq makessingi gaukna
patujui nawa nawana madeceng ampe-ampena
nametau ridewatae.

b.    Jangan ditinggalkan oleh keckapan dan kejujuran
Yang dinamakan cakap, tidak ada yang sulit dilaksanakan
Tidak ada juga pembicaraan yang sulit disambut dengan kata-kata yang baik serta lemah lembut, percaya kepada sesama manusia
Yang dinamakan jujur, perbuatannya baik, 
dan takut kepada Tuhan

c.     Dalam pappaseng tersebut dijelaskan bahwa kecakapan dan kejujuran sebaiknya seiring dan saling menunjang. Kecakapan tanpa kejujuran ibarat kapal tanpa nahkoda, sedangkan kejujuran tnpa kecakapan ibarat nahkoda tanpa kapal. (Fachruddin Ambo Endre, dkk. 1985/1986)

56.    Pappaseng mengenai kejujuran dan kesucian
a.    duwmi riyl spo auGn pnsaE sibw bElo knukuea. (duwmi riyl spo lEPuea sibw pcieG)

Duwami riyala sappo ungana panasae sibawa belo kanuku’e (Duwami riyala sappo lempu’e sibawa paccing’e).

b.    Dua yang dijadikan pagar yaitu kejujuran dan kesucian.

c.    Ungana panasae (lempu’e) artinya bunga nangka, yang dijadikan simbol kejujuran orang Bugis dan belo kanuku’e (paccing’e) artinya hiasan kuku yang dijadikan simbol kesucian orang Bugis. Pagar diri sebenarnya sudah cukup bila iya memiliki keduanya, yaitu dapat memelihara sifat jujur dan perbuatanya bersih dari noda dan pelanggaran. 
Menurut masyarakat Bugis malempu maksudnya makkebolai ada tongenge ri alena naiyya sampoengngi ada tongengnge belewe. Artinya jujur itu adalah terdapatnya perkataan benar dalam diri seseorang dan yang merusak kejujuran adalah perkataan dusta, atau sifat yang suka berkata bohong. Sedangkan paccing itu terdiri dari empat jenis, yaitu (1) paccing pangkaukeng, yaitu suci dalam tindakan dan perbuatan (2) paccing ateka’ (ati) yaitu suci hati dari nilai-nilai buruk (3) paccing watakkale, yaitu bersih anggot badan dari kotoran atau bau yang tidak enak (4) paccing lila, yaitu bersih lidahnya dari perkataan buruk. Ini menandakan bahwa masyarakat Bugis sungguh sangat menyukai kejujuran dan kesucian dan berharap berada di dalam suasana itu terus menerus.
(http://pappaseng ogi-Petuah bugis (edisi 1)_bijakkata’s Blog. Html)

57.    Pappaseng yang berhubungan dengan etos kerja
a.    aiiyp nrisE mukuruai sEwaE jmjm nrEko purni rilloai.

Iyyapa narisseng mukkurui sewwae jama-jamang narekko purani rilaloi.

b.      Kita baru dapat mengetahui tingkat atau mengukur kedalaman dan luasnya suatu pekerjaan, apabila kita sudah melakukan atau melaluinya.

c.        Ini salah satu pappaseng orang bugis yang kalau dimaknai kurang lebihnya sebagai berikut:
Sulit tidaknya sebuah pekerjaan ataupun suatu usaha baru dapat diketahui jika telah pernah kita kerjakan atau alami.Orang bugis terkenal jiwa pelautnya, mereka melanglang buana ke seluruh penjuru dunia tidak ada rasa takut dan tidak ada istilah mundur sebelum mencoba. Dalamnya laut, luasnya samudra buka hal yang harus ditakuti tetapi memanfaatkan untuk mencapai tujuan pelayarannya.
Terkadang dalam memulai suatu usaha atau kegiatan akan muncul keraguan, biasanya akan ada bisikan “jangan-jangan!, Kalau gagal gimana, Kalau ini itu!, Sulit itu, Nggak mungkin” yang menyebabkan kita tidak berani mengambil langkah. Akhirnya terkadang peluang yang sudah ada akan berlalu begitu saja.
(http://pappaseng ogi-Petuah bugis (edisi 1)_bijakkata’s Blog. Html)

58.    Pappaseng berbicara
a.    aj mumtEbE ad ap aiytu adE meag bEtuwn. muatutuaiwi lilmu, ap aiy lilea pewerewer

Ajak mumatebbe ada apak iyatu ade maega bettuwanna. Muatutuiwi lilamu, apak iya lilae pawere-were

b.    Jangan banyak bicara, sebab bicara itu banyak artinya, jagalah lidahmu, sebab lidah itu pengiris-ngiris

c.    Bicara banyak menimbulkan hal:
1)      Memburukkan yang baik dan menyalahkan yang benar. Sebaliknya dapat pula membaikkan yang buruk dan membenarkan yang salah.
2)      Lebih memburukkan yang buruk lebh dan lebih menyalahkan yang salah. Demikan pula sebaliknya.
3)      Menimbulkan perbedaan pengertian akibat salah tanggapan.
Lilae onronna racungnge sibawa tampa e, artinya lidah adalah tempatnya racun dan penawar. Itulah sebabnya lidah perlu dijaga, karena tergantung kearah mana hendak dibawa. 
(Arung Matoa Sangkuru, 1607 : 14)

59.    Pappaseng pekerjaan
a.    aj mumealo nbet makl ricpn lteG

Ajak mumaelo nabetta makkala ricappakna latengnge

b.    Jangan mau didahului menginjakkan kaki di ujung titian

c.    Pada umumnya titian dapat dilalui seseorang saja, aka siapa yang terdahulu menginjakkan kaki di ujungnya dialah yang berhak meniti lebih dahulu; artinya bertindak mendahuui orang lain. bertindak cepat dengan penuh keberanian mengandung risiko yang besar, tetapi tidak ada kebesaran tanpa perbuatan besar dan tidak ada perbuatan tanpa resiko yang besar. Selain dari itu langkah pertama menuju sukses, ialah menciptakan sesuatu yang baru. (Ninnong, 1993 : 21)

60.    Pappaseng mengejar cita-cita
a.    aj mauGowai aoRo, aj to muacinai teR tudeG, edtumuel ai pdE cEGitn. Risppo muaoPE, rijElo pomuaekGau.

Ajak muangowai onrong, ajak to muacinnai tanre tudangeng, dektumulle I pade cengitana. Risappapo muompe, rijellok pomuakke’ngau.

b.    Janganlah menyerahkan kedudukan. Jangan pula terlalu menginginkan jabatan tinggi. Kamu takkan sanggup memperbaiki negara. Kalau dicari baru akan mucul. Kalau ditunjuk baru kamu megaku (menerima).

c.    Pada dasarnya semua orang mencita-citakan kedudukan atau jabatan tinggi, tetapi takdir dan kesempatan membawanya kearah lain. tetapi manakalah serakahannya menjadi titik tolak suatu cita-cita maka dalam perjalanan menuju cita-cita itu unsur moral akan dikesampingkan, lebih-lebih lagi kalau ditunjangkan oleh keluasan. Sebaliknya seseorang yang bertingkah baik pada umunya mempunyai harga diri. Oleh sebab itu ia tidak akan mengemis jabatan dengan mengorbangkan harga dirinya. 
(Pabarangi, 1986: 27)

61.    Pappaseng kejujuran sebagai penghormatan terhadap hak orang Lain
a.    aj mual aju ripseR nerko tniy aiko pseRk ai

Ajak muala aju ripasanre narekko taniya iko pasanrek i

b.    Jangan mengambil kayu yang disandarkan jika bukan engkau yang   menyandarkan.

c.    Sebatang kayu tidak mungkin sandar sendiri apabila tidak ada orang yang menyandarkannya. seruan tersebut menyiratkan pappaseng mengenai ajaran untuk menghormati hak orang lain disamping mengetahui hak sendiri. Pappaseng tersebut merupakan perwujudan dari nilai kejujuran. Kejujuran tidak boleh dianggap biasa, bahkan disepelekan dalam kehidupan bermasyarakat. Kejujuran hendaknya senantiasa dilestarikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penyebab terjadinya ketidakseimbangan dalam masyarakat adalah tidak diaplikasikannya nilai-nilai kejujuran itu. Padahal berlaku jujur merupakan suatu keharusan bagi setiap individu. Kasus seperti bank Century dan adanya makelar kasus serta kasus-kasus yang lain yang menerpa negeri ini salah satu penyebabnya adalah karena nilai-nilai kejujuran itu tidak difungsikan lagi, sulit dibedakan yang mana hak orang lain dan mana milik pribadi. Nilai-nilai pappaseng tidak dapat menjadi kendali bagi para pelakunya karena tidak dijadikan sebagai pedoman hidup. Dengan demikian, nilai-nilai pappaseng alempureng perlu dimasyarakatkan kembali bukan hanya pada masyarakat Bugis, melainkan pada seluruh masyarakat Indonesia.  Oleh karena itu, wahai masyarakat Indonesia mari kita menjadikan Pappaseng alempureng sebagai pedoman hidup dan mengamalkannya, sehingga dapat menjadi kendali dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.        
(http://pappaseng ogi-Petuah bugis (edisi 1)_bijakkata’s Blog. Html)

62.    Pappaseng kejujuran sebagai benteng kehidupan   
a.    duwai kual spo auNn pnsea neblo knukuea

Duwai kuala sappo, unganna panasae nabelo kanukue

b.    Ada dua kujadikan pagar, kembang nangka dan penghias kuku   

c.    Kembang nangka dalam masyarakat Bugis dinamakan lempu, artinya jujur, Adapun penghias kuku dalam masyarakat Bugis dinamakan pacci yang mirip bunyinya dengan kata paccing artinya bersih (suci). Sehubungan dengan hal tersebut, dalam masyarakat Bugis, kejujuran dan kesucian jiwa seseorang dapat dijadikan benteng dan penghias kehidupan, sehingga seseorang tampak kaya dengan budi pekerti yang luhur. Nilai kejujuran itu hendaknya dapat dimiliki oleh setiap orang, karena kejujuran merupakan benteng kehidupan dan kesucian merupakan pancaran kalbu yang teraplikasi melalui kejujuran. Orang yang jujur tidak mudah terpengaruh untuk mengambil sesuatu yang bukan haknya. Dengan demikian, kejujuran dapat menjadi kendali dalam kehidupan seseorang.    
(http://bungawellu.blogspot.com/2013/04/ada-pappaseng.html)

63.    Pappaseng perjalanan
a.     nerko loko mkai aejmu                                          
lEtupo riaoRo mu                                                          
np muak aejmu.                                                              
pedecGi pePn Nwmu.                                                     
mgElo mnEpi tpn tau ea mitko                                                  
np mEed. 
                                                                                                                                                                          Narekko loko makkai ajemu
                        lettupo rionrong mu 
                        nappa muakka ajemu.
                        padecengi rampena nyawamu,
                        magello maneppi tappana tau e mitako
                        nappa medde’. 

b.    Jika ingin mengangkatkan kaki                                                                                            
hendaknya sampai tempat tujuan                                                                                                       
baru mengangkatkan kaki.                                                                                 
Perbaikilah perasaanmu,                                                                                                            
jika orang sudah baik terhadapmu                                                                           
barulah berangkat.

c.     Jika ingin bepergian, hendaknya perasaan kita lebih dahulu sampai lalu melihat suasana yang ingin kita kunjungi baru berangkat. Memperbaiki perasaan kita, apabila kita merasa orang sudah baik terhadap kita, barulah kita berangkat. 
(Sastra lisan : Muin)

64.    Pappaseng mengenai keberanian
a.    nerko moloaiko musu. aj muemtau mmesaiwi tobrniea msuro nerwE. nsb erko sidupai blit npgKni ritu ekdon tobrniea. naiy tommusuea. nwnw mlEPu sibw ac. aiytonritu plePri suGE.

Narekko moloiko musu, aja mume’tau mamase’iwi tobaranie masuro nare’we. Nasaba rekko siduppai balina napagankani ritu kedona tobaranie, naiya tomamusue. Nawanawa malempu sibawa acca, iyatonaritu palamperi sunge.

b.    Jika engkau menghadapi perang, janganlah ragu-ragu mengasihani orang berani yang memohon belas kasihan. Sebab dalam peperangan itu pemberani akan beringas menghadapi musuh, padahal kunci kemenangan dalam peperangan adalah keyakinan yang jujur, dan tekad baik yang dibarengi kepintaran.”

c.    Orang yang bertempur di medan perang, tidak semata-mata mengejar kemenangan. Jika bisa untuk memperoleh kemenangan sudah menguasai seluruh pikiran seorang pemberani di medan peperangan, maka ia akan bertindak kejam dan berusaha menghabisi semua musuhnya. Tindakan seperti ini bukanlah ksatria. Oleh karena itu, seorang pemberani haruslah menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan senantiasa memadukan keyakinan dan kejujuran. Orang yang memiliki keberanian adalah orang yang tak gentar melakukan pekerjaan baik yang sulit maupun yang mudah, ia mengucapkan perkataan kasar maupun lemah lembut, ia berani memutuskan perkara yang sulit maupun yang mudah sesuai dengan kebenaran, ia berani mengingatkan serta menasehati para pembesar maupun orang awam, sesuai dengan kemampuan dan ia juga berani membuat penyampaian, baik yang menyangkut, kebaikan maupun kejahatan menurut wajarnya

65.    Pappaseng yang berhubungan dengan siri’
a.    nerko sirin nrRE tERitEeRGin nrieaw.

Narekko sirina narampe temritemrengina nariewa.

b.    kalau harga diri yang disinggung tanpa tanggapan langsung dilawan.

c.    Apabila harga diri yang dibicarakan maka tak ada jalan lain kecuali harus dihadapi tanpa mempertimbangkan risiko yang akan diterima, itulah pappaseng yang masih dipegang teguh oleh masyarakat Bugis. Untuk menangkal siri’ dari berbagai ancaman, kita perlu mawas diri serta senantiasa berbuat kebajikan kepada sesama manusia. Meskipun demikian, kejadian yang tidak menyenangkan biasa muncul dengan tiba-tiba dan tak ada daya untuk menghindarinya.
(http://bungawellu.blogspot.com/2013/04/ada-pappaseng.html)

66.    Pappaseng mengenai kebenaran
a.    pl aurgea. etbek toGEGE. etcau meagea. etsieaw  situllE.

Pala uragae, tebbakke tongengge, teccau maegae, tessiewa situla’e.

b.    Tipu daya mungkin berhasil untuk sementara, tetapi kebenaran tak   termusnahkan, kebenaran tetap akan hidup dan bersinar terus di dalam kalbu manusia.

c.    Karena sumber kebenaran datangnya dari Tuhan.  Yang sedikit  mungkin mengalahkan yang banyak untuk sementara karena kekuatan. Akan tetapi yang banyak tidak dapat diabaikan atau dimusnahkan. Yang banyak saja sudah satu kekuatan apalagi yang banyak membina kekuatan.tidak mungkin matahari tenggelam di siang hari, seperti tidak mungkinnya memusnahkan kebenaran .
(http://bungawellu.blogspot.com/2013/04/ada-pappaseng.html)

Comments

Popular posts from this blog

MANTRA BUGIS MAKASSAR

MANTRA/  DOANGANG  ( doaG ) ANDI SAHTIANI JAHRIR Mantra sebenarnya lebih sesuai digolongkan ke dalam bentuk puisi bebas, yang tidak terlalu terikat pada aspek baris, rima dan jumlah kata dalam setiap baris. Dari segi bahasa, mantra biasanya menggunakan bahasa khusus yang sukar dipahami. Adakalanya, dukun atau pawang sendiri tidak memahami arti sebenarnya mantra yang hanya memahami kapan mantra tersebut dibaca dan apa tujuannya. Dari segi penggunaan, mantra sangat eksklusif, tidak boleh dituturkan sembarangan, karena bacaannya dianggap keramat dan tabu. Mantra biasanya diciptakan oleh seorang dukun atau pawang, kemudian diwariskan kepada anak keturunan, murid ataupun orang yang ia anggap akan menggantikan fungsinya sebagai dukun. Kemunculan dan penggunaan mantra ini dalam masyarakat Melayu, berkaitan dengan pola hidup mereka yang tradisional dan sangat dekat dengan alam.  Oleh sebab itu, semakin modern pola hidup masyarakat Melayu dan semakin jauh mereka dari alam, maka man

MAKALAH LANDASAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN

BAB   I PENDAHULUAN Latar Belakang Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan pendidikan  manusia dapat memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Banyak pendidik yang memaksakan kehendaknya kepada peserta didik untuk melakukan hal yang mereka inginkan sedangkan peserta didik sendiri tidak membutuhkanya, maka  setiap guru dituntut untuk memahami teori psikologi pendidikan  agar  potensi yang ada pada peserta didik dapat dikembangkan berdasarkan tahap perkembangannya.  Banyak para ahli yang memaparkan tentang perkembangan  peserta didik diantaranya Piaget, Carl R. Rogers, Kohnstam.  Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga landasan psikologi merupakan salah satu landasan yang penting dalam bidang pendidikan. Sementara itu, keberhasilan pendidik dalam melaksanakan berbagai peranannya akan dipengaruhi oleh tentang  pemahamannya dalam pendidikan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu agar sukses dalam mendidik, perlu memahami