MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA
|
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
JURUSAN/PRODI PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
|
|||||||||||||||
MATA KULIAH
|
KODE
|
Rumpun MK
|
BOBOT (SKS)
|
SEMESTER
|
Direvisi
|
|||||||||||
BAHASA INDONESIA
|
|
BAHASA
|
T=2
|
P=1
|
I
|
5– 09 – 201..
|
||||||||||
OTORISASI
|
Pengembang
RP
|
Koordinator
RMK
|
Ka PRODI
|
|||||||||||||
ANDI SAHTIANI JAHRIR, S.PD.,
M.P
|
ANDI SAHTIANI JAHRIR, S.PD.,
M.P
|
SUPRIADI SIKKI, S.PD., M.PD.
|
||||||||||||||
Capaian Pembelajaran (CP)
|
Program
Studi
|
|
||||||||||||||
Menghasilkan
alumni Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia yang ahli di
bidangnya
|
||||||||||||||||
Mata Kuliah
|
|
|||||||||||||||
Mahasiswa
mampu menyusun karya
ilmiah (makalah) sesuai kaidah pengutipan dengan memperhatikan kaidah
penulisan Ejaan Bahasa Indonesia.
|
||||||||||||||||
Diskripsi Singkat MK
|
Mata kuliah Bahasa Indonesia
merupakan salah satu mata kuliah umum wajib bagi mahasiswa Program Sarjana
(Srata 1/ S1) pada semua Program Studi. Mata kuliah ini mengkaji tentang
sejarah dan kedudukan bahasa Indonesia bahasa Indonesia Ragam Ilmiah, Ejaan Bahasa Indonesia, membaca kritis
untuk menulis, pengembangan paragraf yang baik, teknik merujuk tulisan
dalam merujuk tulisan orang lain. penyusunan daftar pustaka, dan teknik penyusunan karya tulis ilmiah (makalah).
|
|||||||||||||||
Pustaka
|
Utama :
|
|
||||||||||||||
1.
Tim Dosen UIM. 2018. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Makassar:
CV Amanda Insan Ilmiah.
|
||||||||||||||||
Pendukung :
|
|
|||||||||||||||
2.
KBBI
3.
TATA BAHASA BAKU
4.
PUEBI
|
||||||||||||||||
Media Pembelajaran
|
Software :
|
Hardware :
|
||||||||||||||
Materi ajar (Power Point, pdf)
|
Laptop, LCD, White Board.
|
|||||||||||||||
Team Teaching
|
1.
|
|||||||||||||||
Mata Kuliah Syarat
|
-
|
|||||||||||||||
Mg Ke-
|
CP-K
(Sesuai tahapan belajar)
|
Materi
Pembelajaran
[Pustaka]
|
Metode / Strategi Pembelajaran
[ Estimasi Waktu]
|
Assessment
|
||||||||||||
Indikator
|
Bentuk
|
Bobot
|
||||||||||||||
1
|
[C2] Menjelaskan sejarah dan kedudukan bahasa
Indonesia
|
Kontrak perkuliahan
Sejarah bahasa Indonesia
Kedudukan bahasa Indonesia
|
· diskusi
· Tanya Jawab
[TM: 1 x 2 x 50]
[BT: 1 x 2 x 60]
[BM: 1 x 2 x 60]
|
·
Kemampuan menjelaskan bahasa
Indonesia sebagai bahasa nasional.
·
Kemampuan menjelaskan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara
|
·
Tugas
|
5%
|
||||||||||
2
|
[C2]Menjelaskan bahasa Indonesia ragam ilmiah
|
1.
Pengertian
bahasa Indonesia ragam ilmiah
2.
Karakteristik
bahasa Indonesia ragam ilmiah
3.
Artikel
ilmiah dan artikel populer
|
· Ceramah,
· Diskusi
· Studi Kasus
[TM: 1 x 2 x 50]
[BT: 1 x 2 x 60]
[BM: 1 x 2 x 60]
|
·
Kemampuan menjelaskan pengertian bahasa
Indonesia ragam ilmiah
·
Kemampuan menjelaskan karakteristik ragam ilmiah
·
Kemampuan menjelaskan
perbedaan artikel ilmiah dan artikel populer
·
|
·
Tugas
|
10%
|
||||||||||
3,4,5,6
|
[C2]Menjelaskan dan menguraikan Ejaan Bahasa
Indonesia tata tulis dan tanda baca
|
Ejaan Bahasa Indonesia tata tulis:
1.
Huruf kapital
2.
Huruf miring
3.
Singkatan dan
Akronim
4.
Kata dasar
5.
Kata berimbuhan
6.
Kata ulang
7.
Kata gabung
8.
Angka dan
bilangan
9.
Dst.
Ejaan
Bahasa Indonesia tanda baca:
10. Tanda titik
11. Tanda koma
12. Tanda titik
koma
13. Tanda titik
dua
14. Tanda hubung
15. Tanda pisah
16. Tanda seru
17. Tanda tanya
18. Tanda kurung
19. Tanda petik
20. Tanda kurung
siku
21. Tanda
apostrof
22. dst.
23.
|
· Ceramah,
· Diskusi
· Studi Kasus
[TM: 1 x 2 x 50]
[BT: 1 x 2 x 60]
[BM: 1 x 2 x 60]
|
·
Kemampuan menjelaskan,
menganalisis, dan menguraikan Ejaan Bahasa Indonesia tata tulis
·
Kemampuan menjelaskan,
menganalisis, dan menguraikan Ejaan Bahasa Indonesia tanda baca
|
·
Tugas
|
20%
|
||||||||||
7
|
[C3]
Mahasiswa dapat
menghasilkan tulisan dari hasil membaca kritis
|
Membaca
kritis untuk menulis
Sikap
skeptis
|
·
Ceramah
·
Presentasi
[TM: 1 x 2 x 50]
[BT: 1 x 2 x 60]
[BM: 1 x 2 x 60]
|
·
Kemampuan menjelaskan
tentang konsep membaca kritis untuk menulis
·
Kemampuan menjelaskan sikap
sebelum menulis yaitu dengan sikap skeptis
|
·
Tugas
|
10%
|
||||||||||
8
|
Evaluasi Tengah Semester
|
|||||||||||||||
9,10
|
[C3] Mahasiswa dapat menjelaskan tata cara
penyusunan dan pengembangan paragraf yang baik
|
1.
Pengertian paragraf
2.
Jenis-jenis paragraph
3.
Teknik menyusun dan
mengembangkan paragraf
|
· Ceramah,
· Diskusi
[TM: 1 x 2 x 50]
[BT: 1 x 2 x 60]
[BM: 1 x 2 x 60]
|
·
Kemampuan menjelaskan
pengertian paragraf
·
Kemampuan menjelaskan
jenis-jenis paragraf
·
Kemampuan menyusun paragraph
|
·
tugas
|
10%
|
||||||||||
11, 12
|
(C3)Mahasiswa dapat menjelaskan, menganalisis (c4), dan menerapkan
teknik merujuk tulisan dalam menulis karya ilmiah
|
1.
Kutipan langsung
kurang empat puluh kata dan lebih empat puluh kata
2.
Kutipan tidak
langsung
|
· Diskusi
TM: 1 x 2 x 50]
[BT: 1 x 2 x 60]
[BM: 1 x 2 x 60]
|
·
Kemampuan menganalisis
teknik merujuk tulisan secara langsung
·
Kemampuan menganalisis
teknik merujuk tulisan secara langsung
|
·
Tugas
|
10%
|
||||||||||
13
|
(C-3)Mahasiswa dapat menjelaskan dan menyusun daftar pustaka dalam karya
tulis ilmiah
|
1.
Daftar
pustaka
|
· Ceramah
TM: 1 x 2 x 50]
[BT: 1 x 2 x 60]
[BM: 1 x 2 x 60]
|
·
kemampuan menjelaskan cara
menyusun daftar pustaka
·
kemampuan menyusun daftar
pustaka
|
·
tugas
|
5%
|
||||||||||
14
|
Mahasiswa dapat menjelaskan tata cara dan teknik penyusunan karya tulis
ilmiah (makalah)
|
1. Jenis-jenis karya ilmiah
2. Sistematika karya ilmiah makalah
|
· Ceramah
TM: 1 x 2 x 50]
[BT: 1 x 2 x 60]
[BM: 1 x 2 x 60]
|
·
kemampuan menjelaskan jenis-jenis karya ilmiah
·
kemampuan menyusun latar
belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, dst. Pada sistematika KTI
khususnya makalah
|
tugas
|
5%
|
||||||||||
15
|
(C4) Mahasiswa
dapat menyusun karya tulis ilmiah (makalah) sesuai dengan bidang keilmuan/program
studi/jurusan
|
Sistematika
Makalah
1.
Bab I
2.
Bab
II
3.
Bab
III
4.
Daftar
Pustaka
5.
Teknik
Merujuk Tulisan
6.
EBI
|
· Presentasi
TM: 1 x 2 x 50]
[BT: 1 x 2 x 60]
[BM: 1 x 2 x 60]
|
·
Kemampuan menyusun Bab Pendahuluan
·
Kemampuan menyusun Bab
Pembahasan
·
Kemampuan menyusun Bab
Penutup
·
Kemampuan menyusun daftar
Pustaka
·
Kemampuan merujuk tulisan
|
·
Latihan
|
25%
|
||||||||||
16
|
Evaluasi Akhir Semester
|
|||||||||||||||
Comments
Post a Comment