Skip to main content

KOMPONEN DESAIN PEMBELAJARAN

KOMPONEN DESAIN PEMBELAJARAN
PROF. DR. KAHARUDDIN, M.HUM.


·            Strategi pembelajaran yang menjadi dasar urutan kegiatan pembelajaran yang terdiri atas empat komponen utama (urutan kegiatan instruksional, metode, media, dan waktu)
·            Komponen-komponen Desain pembelajaran
o   Capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK)
o   Capaian pembelajaran Khusus (CPK)
§  Tes
§  materi
§  Strategi pembelajaran
·            Urutan kegiatan
·            Metode
·            Media
·            Waktu
·            Evaluasi pembelajaran (evaluasi PBM)
RPS (GBPP) dan SAP

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) sebuah rumusan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik setelah mengikuti pembelajaran pada satu materi pembelajaran

TES sejumlah usaha untuk mengetahui seberapa besar kompetensi yang sudah dikuasai peserta

MATERI sejumlah bahan yang disajikan

STRATEGI PEMBELAJARAN
·            Urutan kegiatan pendahuluan:penjelasan singkat isi pelajaran, penelasan relevansi, isi pelajaran dengan pengalaman mahasiswa, penjelasan CPK
Penyajian: uraian, contoh, latihan
Penutup: tes formatif dan balikan dan tindak lanjut
·            Metode
·            Media
·            Waktu 170menit/sks

BAGAN STRATEGI PEMBELAJARAN
metode media waktu

Pendahuluan
Urutan kegiatan pembelajaran
Metode
Media
waktu
PENDAHULUAN:
deskrpisi singkat
Relevansi
TIK



PENYAJIAN
Uraian
Ceramah
Latihan



PENUTUP
tes formatif
Balikan
Tindak lanjut









PENDEKATAN: TEORI,  misalnya KONTRUKTIVISME
METODE
STRATEGI
TEKNIK

MEDIA PEMBELAJARAN
Bahan atau alat yang digunakan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran untuk memudahkan pemahaman dalam pembelajaran

KOMPONEN KEGIATAN PEMBELAJARAN
Terdiri atas:
A.       Komponen Pendahuluan
a.         Penjelasan singkat isi pelajaran
b.        Penjelasan relevansi isi pelajaran dengan mahasiswa

c.          Penjelasan CPK

Comments

Popular posts from this blog

MANTRA BUGIS MAKASSAR

MANTRA/  DOANGANG  ( doaG ) ANDI SAHTIANI JAHRIR Mantra sebenarnya lebih sesuai digolongkan ke dalam bentuk puisi bebas, yang tidak terlalu terikat pada aspek baris, rima dan jumlah kata dalam setiap baris. Dari segi bahasa, mantra biasanya menggunakan bahasa khusus yang sukar dipahami. Adakalanya, dukun atau pawang sendiri tidak memahami arti sebenarnya mantra yang hanya memahami kapan mantra tersebut dibaca dan apa tujuannya. Dari segi penggunaan, mantra sangat eksklusif, tidak boleh dituturkan sembarangan, karena bacaannya dianggap keramat dan tabu. Mantra biasanya diciptakan oleh seorang dukun atau pawang, kemudian diwariskan kepada anak keturunan, murid ataupun orang yang ia anggap akan menggantikan fungsinya sebagai dukun. Kemunculan dan penggunaan mantra ini dalam masyarakat Melayu, berkaitan dengan pola hidup mereka yang tradisional dan sangat dekat dengan alam.  Oleh sebab itu, semakin modern pola hidup masyarakat Melayu dan semakin jauh mereka dari alam, maka man

PAPPASENG TO UGI

PAPPASENG  BUGIS ( ppes) Pappaseng  berasal dari kata dasar paseng yang berarti  pesan  yang harus dipegang sebagai amanat, berisi nasehat, dan merupakan wasiat yang perlu diketahui dan diindahkan. Pappaseng dalam bahasa Bugis mempunyai makna yang sama dengan  wasiat  dalam bahasa Indonesia.  Pappaseng  dapat pula diartikan  pangaja’  yang bermakna nasihatyang berisi ajakan moral yang patut dituruti.  Dalam tulisan punagi (1983:1) dinyatakan bahwa pappaseng adalah wasiat orang tua kepada anak cucunya (orang banyak) yang harus selalu diingat sehingga amanatnya perlu dipatuhi dan dilaksanakan atas rasa tanggung jawab. Mattalitti (1980:5) juga mengemukakan bahwa  pappaseng  bermakna petunjuk-petunjuk dan nasihat dari nenek moyang orang bugis zaman dahulu untuk anak cucunya agar menjalani hidup dengan baik. Jadi,  pappaseng  adalah wasiat orang-orang tua dahulu kepada anak cucunya (generasi berikutnya) yang berisi petunjuk, nasihat, dan amanat yang harus dipatuhi dan dilaksanaka

MAKALAH LANDASAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN

BAB   I PENDAHULUAN Latar Belakang Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan pendidikan  manusia dapat memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Banyak pendidik yang memaksakan kehendaknya kepada peserta didik untuk melakukan hal yang mereka inginkan sedangkan peserta didik sendiri tidak membutuhkanya, maka  setiap guru dituntut untuk memahami teori psikologi pendidikan  agar  potensi yang ada pada peserta didik dapat dikembangkan berdasarkan tahap perkembangannya.  Banyak para ahli yang memaparkan tentang perkembangan  peserta didik diantaranya Piaget, Carl R. Rogers, Kohnstam.  Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga landasan psikologi merupakan salah satu landasan yang penting dalam bidang pendidikan. Sementara itu, keberhasilan pendidik dalam melaksanakan berbagai peranannya akan dipengaruhi oleh tentang  pemahamannya dalam pendidikan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu agar sukses dalam mendidik, perlu memahami