Skip to main content

PENGARUH IPTEK TERHADAP PENDIDIKAN

Oleh :Yuliana




               Penggunaan media sosial di kalangan dunia pendidikan memiliki dampak positif  dan dampak negatif. Dampak positif pengguaan Iptek diantaranya adalah banyak para pelajar yang menggunakan Media sosial diantaranya adalah menggunakan  media sosial untuk memasarkan iklanya, mencari inspirasi, dan yang paling utama adalah digunakan untuk mrncari tugas-tugas sekolah (Ahlan, 2014).
               Iptek juga  berpengaruh besar terhadap munculnya hal-hal yang negatif bagi para pelajar diantaranya kurangnya kesadaran pelajar untuk bersosialisasi, merusak watak pelajar, rentan akan perselisihan, serta merusak mental generasi muda. Oleh sebab itu penggunaan Iptek harus digunakan dengan bijak, dan bertanggung jawab. “ (Fadhli, 2013:2)

Rosenberg ( 2001 : 1) menyimpulkan:
Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran Maya, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media Teknologi Komunikasi dan Informasi khususnya Internet. Sejalan dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi itu sendiri pengertian e-learning menjadi lebih luas yaitu pembelajaran yang pelaksanaannya didukung oleh jasa teknologi seperti telepon, audio, videotape, transmisi satellite atau computer.
                 
Perkembangan iptek di bidang pendidikan dapat memajukan motivasi pelajar agar lebih unggul dan lebih maju dalam penggunaan teknologi. Motivasi dalam pendidikan juga dapat mempengaruhi penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran yang di langsungkan. Didalam menghadapi perkembangan teknologi pelajar di tuntut untuk lebih kreatif lagi dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang, agar pelajar tidak hanya bergantung pada apa yang diberikan pendidik. Karena di era sekarang internet menjadi suatu hal yang banyak di gunakan dalam proses pembelajaran.(vera,2016)







DAFTAR PUSTAKA

Ahlan, Eko. 2014. “Solusi Pencegahan Dampak Negatif.”                                                                                                                        http//ahlan-kurniawan.blogspot.com, diakses 8 september 2014.// Eko.”Pengaruh Media Sosial Bagi Dunia Pendidikan.” http://ekolistiyono.my.id diakses 10 september 2014.
Fadhli.2013 “Dampak Negatif Iptek bagi Dunia Pendidikan.”   http://tscummum2011.blogspot.com,diakses 7 september 2014.         
Vera. 2016.”Pengaruh Iptek terhadap Pendidikan“. https://veraferonicablog.wordpress.com/pengaruh-iptek-terhadap-pendidikan/,diakses (diakses 5 Januari 2018)


Comments

Popular posts from this blog

MANTRA BUGIS MAKASSAR

MANTRA/  DOANGANG  ( doaG ) ANDI SAHTIANI JAHRIR Mantra sebenarnya lebih sesuai digolongkan ke dalam bentuk puisi bebas, yang tidak terlalu terikat pada aspek baris, rima dan jumlah kata dalam setiap baris. Dari segi bahasa, mantra biasanya menggunakan bahasa khusus yang sukar dipahami. Adakalanya, dukun atau pawang sendiri tidak memahami arti sebenarnya mantra yang hanya memahami kapan mantra tersebut dibaca dan apa tujuannya. Dari segi penggunaan, mantra sangat eksklusif, tidak boleh dituturkan sembarangan, karena bacaannya dianggap keramat dan tabu. Mantra biasanya diciptakan oleh seorang dukun atau pawang, kemudian diwariskan kepada anak keturunan, murid ataupun orang yang ia anggap akan menggantikan fungsinya sebagai dukun. Kemunculan dan penggunaan mantra ini dalam masyarakat Melayu, berkaitan dengan pola hidup mereka yang tradisional dan sangat dekat dengan alam.  Oleh sebab itu, semakin modern pola hidup masyarakat Melayu dan semakin jauh mereka dari ...

PAPPASENG TO UGI

PAPPASENG  BUGIS ( ppes) Pappaseng  berasal dari kata dasar paseng yang berarti  pesan  yang harus dipegang sebagai amanat, berisi nasehat, dan merupakan wasiat yang perlu diketahui dan diindahkan. Pappaseng dalam bahasa Bugis mempunyai makna yang sama dengan  wasiat  dalam bahasa Indonesia.  Pappaseng  dapat pula diartikan  pangaja’  yang bermakna nasihatyang berisi ajakan moral yang patut dituruti.  Dalam tulisan punagi (1983:1) dinyatakan bahwa pappaseng adalah wasiat orang tua kepada anak cucunya (orang banyak) yang harus selalu diingat sehingga amanatnya perlu dipatuhi dan dilaksanakan atas rasa tanggung jawab. Mattalitti (1980:5) juga mengemukakan bahwa  pappaseng  bermakna petunjuk-petunjuk dan nasihat dari nenek moyang orang bugis zaman dahulu untuk anak cucunya agar menjalani hidup dengan baik. Jadi,  pappaseng  adalah wasiat orang-orang tua dahulu kepada anak cucunya (generasi berikutnya) yan...

MAKALAH LANDASAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN

BAB   I PENDAHULUAN Latar Belakang Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan pendidikan  manusia dapat memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Banyak pendidik yang memaksakan kehendaknya kepada peserta didik untuk melakukan hal yang mereka inginkan sedangkan peserta didik sendiri tidak membutuhkanya, maka  setiap guru dituntut untuk memahami teori psikologi pendidikan  agar  potensi yang ada pada peserta didik dapat dikembangkan berdasarkan tahap perkembangannya.  Banyak para ahli yang memaparkan tentang perkembangan  peserta didik diantaranya Piaget, Carl R. Rogers, Kohnstam.  Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga landasan psikologi merupakan salah satu landasan yang penting dalam bidang pendidikan. Sementara itu, keberhasilan pendidik dalam melaksanakan berbagai peranannya akan dipengaruhi oleh tentang  pemahamannya dalam pendidikan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu...