SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Tatap Muka 2
1.
Jurusan / Program Studi : Ilmu Administrasi Negara
2.
Mata Kuliah :
Etika Administrasi Negara
3.
Kode Mata
Kuliah :
KK512203
4.
Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) : 3 SKS
5.
Deskripsi
Mata Kuliah
Lingkup
utama kajian mata kuliah ini memberika cakrawala bagi para mahasiswa tentag
dasar-dasar pola perilaku (Etika, moral dan norma) bagi para pemegang otoritas
(kewenanga) abdi masyarakat (birokrat) dalam menjalankan fungsi serta
peranannya dalam mengabdi pada negara terutama dalam tatara pelayanan bagi
masyarakat / publik.
2. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
[C2] Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai hal yang menyangkut Konsep
etika administrasi negara dalam konsep/ teori serta mahasiswa mampu memberikan
contoh penerapannya dalam lingkup Administrasi negara
3.
Capaian Pembelajaran Khusus
[C2] Mahasiswa
mampu menjelaskan definisi etika administrasi publik dalam konsep/teori
4.
Indikator
a.
Kemampuan menjelaskan definisi administrasi publik
b.
Kemampuan menjelaskan maksud legitimasi sosiologis & legitimasi etis
c.
Kemampuan menjelaskan legitimasi kekuasaan negara
5. Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran
ini, mahasiswa diharapkan mampu:
a.
Menjelaskan definisi administrasi publik
b.
Menjelaskan maksud legitimasi sosiologis & legitimasi etis
c.
Menjelaskan legitimasi kekuasaan negara
6.
Substansi
Kajian
Substansi
atau materi dari perkuliahan ini mencakup:
b.
Antara legitimasi sosiologis & legitimasi etis
c.
Legitimasi kekuasaan negara
d.
Filsafat normatif bagi aparatur
7.
Langkah
Pembelajaran
A. Prakondisi
Metode Perkuliahan
a.
Ceramah,
b.
Presentasi
c.
Studi Kasus
Sumber Belajar
a. Kumorotomo,
Wahyudi. 2013. Etika Administrasi Negara. Jakarta :Bumi
b.
Bertens,
K. 2001. Pengantar Etika Bisnis, Jogjakarta: Kanisius
c.
Frans
Magnis Suseno, 1985. Etika Dasar,
Jogjakarta: Kanisius
B. Prosedur Pembelajaran
1). Kegiatan dosen
-
Pendahuluan
Dosen membukaan
perkuliahan, menyampaikan kontrak perkulihan, menyampaikan Capaian Pembelajaran
Mata Kuliah, kemudian menyampaian Capain Pembelajaran untuk pertemuan hari ini.
Selanjutnya Dosen menentukan syarat-syarat mengikuti perkuliahan ini, dan
menjelaskan ruang lingkup perkuliahan, serta dosen membuka sesi tanya jawab
berkaitan dengan perkuliahan ini.
-
Penyajian
Dosen
menjelaskan definisi etika administrasi publik,
penjelasan mengenai legitimasi sosiologis & legitimasi etis, legitimasi
kekuasaan negara , dan filsafat normatif bagi aparatur. Kemudian dosen
membuka sesi diskusi dengan mahasiswa mengenai topik hari ini.
-
Penutup
Dosen memberikan
pertanyaan untuk ditanggapi mahasiswa, memberikan feedback berdasarkan jawaban
mahasiswa, kemudian memberikan tugas individu sebagai bahan tindak lanjut dari
materi hari ini, dan menutup perkuliahan.
2). Kegiatan mahasiswa
-
Pendahuluan
Mahasiswa
memperhatikan dan mencatat penjelasan dosen mengenai penjelasan awal tentang
mata kuliah ini. Mahasiswa menyampaikan tanggapan terhadap penjelasan awal
dosen.
-
Penyajian
Mahasiswa
memperhatikan dan mencatat penjelasan materi kuliah hari ini. Mahasiswa
berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi yang dibuka oleh dosen. Mahasiswa
memberikan tanggapan mengenai materi hari ini, baik dalam bentuk pertanyaan
maupun pernyataan sebagai sharing knowledge yang berkaitan dengan materi hari
ini maupun mata kuliah secara keseluruhan.
-
Penutup
Mahasiswa
menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen, dan mendengarkan feedback
langsung terhadap jawaban pertanyaan yang dijelaskan oleh dosen. Kemudian
mahasiswa mendengarkan penjelasan tugas yang akan dikerjakan sebagai bahan
tindak lanjut dari materi hari ini.
8.
Materi
Pembelajaran
Materi pembelajaran berupa buku teks sesuai dengan sumber belajar, yaitu
Buku Wahyudi Kumorotomo. 2013. Etika Administrasi
Negara. Jakarta :Bumi , Bertens, K. 2001. Pengantar Etika Bisnis, Jogjakarta dan
Kanisius Frans Magnis Suseno, 1985. Etika
Dasar, Jogjakarta: Kanisius. Untuk materi pembelajaran hari ini, akan
membahas definisi etika administrasi publik, penjelasan mengenai legitimasi
sosiologis & legitimasi etis, legitimasi kekuasaan negara , dan filsafat
normatif bagi aparatur
9.
Proses
Evaluasi (Assesment)
-
Keaktifan dalam diskusi, dalam hal menjawab
pertanyaan atau memberikan sebuah pernyataan sebagai sharing knowledge dari
mahasiswa (Kognitif).
-
Keseriusan dalam mengikuti materi perkuliahan
dan diskusi, dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu jalannya proses
perkuliahan (Afektif).
-
Comments
Post a Comment