SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Tatap Muka I
1.
Jurusan / Progr
2.
am Studi :
Ilmu Administrasi Negara
3.
Mata Kuliah :
Etika Administrasi Negara
5.
Jumlah Satuan Kredit Semester
(SKS) : 3 SKS
6.
Deskripsi Mata Kuliah
Lingkup utama kajian mata kuliah ini memberika cakrawala bagi
para mahasiswa tentag dasar-dasar pola perilaku (Etika, moral dan norma) bagi
para pemegang otoritas (kewenanga) abdi masyarakat (birokrat) dalam menjalankan
fungsi serta peranannya dalam mengabdi pada negara terutama dalam tatara
pelayanan bagi masyarakat / publik.
1.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
[C2] Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai hal
yang menyangkut Konsep etika administrasi negara dalam konsep/ teori serta
mahasiswa mampu memberikan contoh penerapannya dalam lingkup Administrasi
negara
2.
Capaian Pembelajaran Khusus
[C2] Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep etika dan moral
3.
Indikator
a.
Kemampuan mendefinisikan etika dan moral
b.
Kemampuan menjelaskan landasan etika
c.
Kemampuan menjelaskan permasalahan etika sosial
4.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu:
a.
Menjelaskan definisi etika dan moral
b.
Menjelaskan landasan etika
c.
Menjelaskan permasalahan etika sosial
5.
Substansi Kajian
Substansi atau materi dari perkuliahan ini mencakup:
b.
Landasan etika
c.
Permasalah etika sosial
6.
Langkah Pembelajaran
A. Prakondisi
Metode Perkuliahan
1.
Ceramah,
2.
Tanya Jawab
3.
Studi Kasus
Sumber Belajar
2.
Bertens, K. 2001. Pengantar Etika Bisnis, Jogjakarta: Kanisius
3.
Frans Magnis Suseno, 1985. Etika
Dasar, Jogjakarta: Kanisius
B. Prosedur Pembelajaran
1). Kegiatan dosen
-
Pendahuluan
Dosen
membukaan perkuliahan, menyampaikan kontrak perkulihan, menyampaikan Capaian
Pembelajaran Mata Kuliah, kemudian menyampaian Capain Pembelajaran untuk
pertemuan hari ini. Selanjutnya Dosen menentukan syarat-syarat mengikuti
perkuliahan ini, dan menjelaskan ruang lingkup perkuliahan, serta dosen membuka
sesi tanya jawab berkaitan dengan perkuliahan ini.
-
Penyajian
Dosen
menjelaskan konsep etika dan moralitas, landasan etika, dan permasalahan etika
sosial. Kemudian dosen membuka sesi diskusi dengan mahasiswa mengenai topik
hari ini.
-
Penutup
Dosen
memberikan pertanyaan untuk ditanggapi mahasiswa, memberikan feedback
berdasarkan jawaban mahasiswa, kemudian memberikan tugas individu sebagai bahan
tindak lanjut dari materi hari ini, dan menutup perkuliahan.
2). Kegiatan mahasiswa
-
Pendahuluan
Mahasiswa
memperhatikan dan mencatat penjelasan dosen mengenai penjelasan awal tentang
mata kuliah ini. Mahasiswa menyampaikan tanggapan terhadap penjelasan awal
dosen.
-
Penyajian
Mahasiswa
memperhatikan dan mencatat penjelasan materi kuliah hari ini. Mahasiswa
berpartisipasi aktif dalam sesi diskusi yang dibuka oleh dosen. Mahasiswa
memberikan tanggapan mengenai materi hari ini, baik dalam bentuk pertanyaan
maupun pernyataan sebagai sharing knowledge yang berkaitan dengan materi hari
ini maupun mata kuliah secara keseluruhan.
-
Penutup
Mahasiswa
menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen, dan mendengarkan feedback
langsung terhadap jawaban pertanyaan yang dijelaskan oleh dosen. Kemudian
mahasiswa mendengarkan penjelasan tugas yang akan dikerjakan sebagai bahan
tindak lanjut dari materi hari ini.
7.
Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran berupa buku teks sesuai
dengan sumber belajar, yaitu Buku Wahyudi
Kumorotomo. 2013. Etika Administrasi Negara. Jakarta :Bumi , Bertens, K. 2001.
Pengantar Etika Bisnis, Jogjakarta dan Kanisius
Frans Magnis Suseno, 1985. Etika Dasar, Jogjakarta: Kanisius. Untuk materi
pembelajaran hari ini, akan membahas tentang Etika & moralitas, landasan
etika dan permasalah etika sosial.
8.
Proses Evaluasi (Assesment)
-
Keaktifan dalam diskusi,
dalam hal menjawab pertanyaan atau memberikan sebuah pernyataan sebagai sharing
knowledge dari mahasiswa (Kognitif).
Keseriusan dalam mengikuti materi perkuliahan dan
diskusi, dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu jalannya proses
perkuliahan
Comments
Post a Comment