RANCANGAN ASSESSMENT
MATA KULIAH : Karya
Tulis Ilmiah
KODE MATA KULIAH :
BOBOT SKS : 2
(Dua)
SEMESTER : Ganjil
PROGRAM STUDI : Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
JENJANG STUDI : Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
DOSEN : Team Teaching
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN:
Mahasiswa mampu memahami karya
tulis ilmiah dalam ilmu pendidikan.
Tugas 1
Resume Diskusi
|
No.
|
Komponen
|
Skor (0,1)
|
Komentar
|
|
1.
|
Lengkap
|
|
|
|
2.
|
Tidak Lengkap
(asal-asalan)
|
|
|
Catatan:
Tiap resume bernilai; 0 jika asal-asalan, 1 untuk yang berisi
lengkap, minimal setengah materi dituliskan.
Ada 10 resume
Skor Total= 100
Tugas 2
Kuis
|
No.
|
Komponen
|
Skor (0-10)
|
Komentar
|
|
1.
|
Karakteristik karya tulis ilmiah
(artikel)
|
|
|
|
2.
|
Karakteristik karya tulis ilmiah
(makalah)
|
|
|
|
3.
|
Karakteristik karya tulis ilmiah
(laporan penelitian)
|
|
|
Catatan:
Tiap kuis ada 10 soal, tiap soal bernilai
1 untuk benar dan 0 untuk salah.
Tugas 3
Penulisan Artikel
|
No.
|
Komponen
|
Skor (5-10)
|
Komentar
|
|
1.
|
Sistematika penulisan
|
|
|
|
2.
|
Tanda baca
|
|
|
|
3.
|
Penulisan kata
(termasuk diksi)
|
|
|
|
4.
|
Huruf kapital
|
|
|
|
5.
|
Penulisan
Istilah
|
|
|
|
6.
|
Singkatan
|
|
|
|
7.
|
Angka/bilangan
|
|
|
|
8.
|
Penomoran
|
|
|
|
9.
|
Tata tulis (format
salah misalnya daftar pustaka, sampul, dll.)
|
|
|
|
10.
|
Kalimat
|
|
|
|
11.
|
Isi salah
(misalnya isi pada Latar Belakang : isi tidak mencerminkan alasan
topik/kegiatan tersebut diusulkan) nilai- 50
|
|
|
Catatan:
1.
Skor awal tiap poin 10, jika Salah -5
2.
Kesalahan berulang tidak dihitung lagi
3.
Isi tidak mencerminkan subbagian artikel = langsung -50 (bagian lain tidak
perlu dikoreksi)
4. Skor total =100
(Nilai minimal 50)
PENENTUAN NILAI AKHIR MATA
KULIAH
|
JENJANG (GRADE)
|
ANGKA (SKOR)
|
DESKRIPSI PERILAKU
|
|
Tingkatan nilai yang diharapkan adalah :
Nilai A : Sangat bagus
Nilai B : Bagus
Nilai C : Cukup Bagus
Nilai D : Cukup
Nilai E : Kurang
|
A : > 80
B : 65 –
80
C : 55 –
64
D : 20 –
55
E : < 20
|
Nilai A : Sangat bagus jika kehadiran 85% + keaktifan dalam proses pembelajaran
+ nilai UTS > 65 + nilai UAS 85 + ke 3 tugas lengkap (Individu dan kelompok).
Nilai B : Bagus jika kehadiran 80% + keaktifan dalam proses pembelajaran +
nilai UTS > 60 + nilai UAS 80 + 3 tugas lengkap (individu dan kelompok).
Nilai C : Cukup bagus jika kehadiran 55% + keaktifan dalam
proses pembelajaran + nilai UTS > 60 + nilai UAS 60 + 2
tugas lengkap (individu dan kelompok).
Nilai D : Cukup jika kehadiran 30% + keaktifan dalam proses
pembelajaran + nilai UTS > 50 + nilai UAS 50 + 1
tugas lengkap.
Nilai
E : Kurang jika
kehadiran 10% + keaktifan dalam proses pembelajaran + nilai UTS > 20 + nilai UAS 20 +
tidak ada tugas.
|
Makassar, September 2016
Penyusun,
Team
Teaching
Comments
Post a Comment