Skip to main content

Pertanyaan untuk Teknik penyusunan dan Pengembangan Paragraf



 PERTANYAAN
1.         Apa Perbedaan  klimaks dan anti klimaks?
2.         Bagaimanakah cara mengetahui sebuah kesimpulan dalam bacaan dengan cepat?
3.         Apakah Perbedaan antara teknik pengembangan paragraf berdasarkan ilustrasi dan berdasarkan contoh?
4.         Apakah yang dimaksud dengan kesatuan paragraf?
5.         Berikan contoh unsur kata transisi dan paralelisme dalam paragraf?
6.         Apakah fungsi kalimat penjelaskan dalam sebuah paragraf?

JAWABAN
1.         Klimaks (khusus—umum, paragrafnya bersifat Induktif) adalah suatu paragraf yang disajikan mulai dari gagasan-gagasan khusus dan akhirnya adalah gagasan-gagasan umum. Begitupun sebaliknya antiklimaks (umum—khusus, paragrafnya bersifat deduktif) gagasan-gagasan umum dan kemudian diikuti dengan gagasan-gagasan khusus.
2.         Kesimpulan diambil dari  setiap ide pokok dari paragraf setelah itu digabung
3.         Contoh atau ilustrasi yang memberikan kebebasan ide untuk mengembangkan paragraf.
4.         Kesatuan paragraf yaitu dalam paragraf hanya mengandung satu pokok pikiran dan kalimat penjelas atau kalimat pendukung. Kalimat penjelas harus selalu menjelaskan kalimat pokok pikiran, tidak boleh keluar dari pokok bahasan atau ide pokok.
5.         Kata transisi disebut juga kata penghubung, misalnya, Oleh karena itu, oleh sebab itu, maka dari itu, Jadi, Namun demikian, dst.
Kata ganti adalah kata yang cocok untuk menggantikan kedudukannya dalam membuat kalimat penjelas dari ide pokok.
6.         Kalimat penjelas disebut juga sebagai kalimat pendukung, yang berisi bukti, data, dari kalimat ide pokok. Kalimat penjelas biasanya berisi penjelas dan contoh-contoh.
Contoh:

      Banjir melanda kota Makassar. Hujan berlangsung selama tiga hari di Kota Makassar. Maka dari itu, di beberapa tempat, misalnya, Toddopuli, Petta Rani, Andi Tonro, Antang, Tamalanrea, dan Daya tergenang air. Banjir tersebut sampai saat ini (tanggal 22 Desember 2017) belum surut.
  

Comments

Popular posts from this blog

MANTRA BUGIS MAKASSAR

MANTRA/  DOANGANG  ( doaG ) ANDI SAHTIANI JAHRIR Mantra sebenarnya lebih sesuai digolongkan ke dalam bentuk puisi bebas, yang tidak terlalu terikat pada aspek baris, rima dan jumlah kata dalam setiap baris. Dari segi bahasa, mantra biasanya menggunakan bahasa khusus yang sukar dipahami. Adakalanya, dukun atau pawang sendiri tidak memahami arti sebenarnya mantra yang hanya memahami kapan mantra tersebut dibaca dan apa tujuannya. Dari segi penggunaan, mantra sangat eksklusif, tidak boleh dituturkan sembarangan, karena bacaannya dianggap keramat dan tabu. Mantra biasanya diciptakan oleh seorang dukun atau pawang, kemudian diwariskan kepada anak keturunan, murid ataupun orang yang ia anggap akan menggantikan fungsinya sebagai dukun. Kemunculan dan penggunaan mantra ini dalam masyarakat Melayu, berkaitan dengan pola hidup mereka yang tradisional dan sangat dekat dengan alam.  Oleh sebab itu, semakin modern pola hidup masyarakat Melayu dan semakin jauh mereka dari ...

PAPPASENG TO UGI

PAPPASENG  BUGIS ( ppes) Pappaseng  berasal dari kata dasar paseng yang berarti  pesan  yang harus dipegang sebagai amanat, berisi nasehat, dan merupakan wasiat yang perlu diketahui dan diindahkan. Pappaseng dalam bahasa Bugis mempunyai makna yang sama dengan  wasiat  dalam bahasa Indonesia.  Pappaseng  dapat pula diartikan  pangaja’  yang bermakna nasihatyang berisi ajakan moral yang patut dituruti.  Dalam tulisan punagi (1983:1) dinyatakan bahwa pappaseng adalah wasiat orang tua kepada anak cucunya (orang banyak) yang harus selalu diingat sehingga amanatnya perlu dipatuhi dan dilaksanakan atas rasa tanggung jawab. Mattalitti (1980:5) juga mengemukakan bahwa  pappaseng  bermakna petunjuk-petunjuk dan nasihat dari nenek moyang orang bugis zaman dahulu untuk anak cucunya agar menjalani hidup dengan baik. Jadi,  pappaseng  adalah wasiat orang-orang tua dahulu kepada anak cucunya (generasi berikutnya) yan...

MAKALAH LANDASAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN

BAB   I PENDAHULUAN Latar Belakang Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan pendidikan  manusia dapat memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Banyak pendidik yang memaksakan kehendaknya kepada peserta didik untuk melakukan hal yang mereka inginkan sedangkan peserta didik sendiri tidak membutuhkanya, maka  setiap guru dituntut untuk memahami teori psikologi pendidikan  agar  potensi yang ada pada peserta didik dapat dikembangkan berdasarkan tahap perkembangannya.  Banyak para ahli yang memaparkan tentang perkembangan  peserta didik diantaranya Piaget, Carl R. Rogers, Kohnstam.  Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga landasan psikologi merupakan salah satu landasan yang penting dalam bidang pendidikan. Sementara itu, keberhasilan pendidik dalam melaksanakan berbagai peranannya akan dipengaruhi oleh tentang  pemahamannya dalam pendidikan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu...