Skip to main content

LANDASAN AGAMA DALAM PENDIDIKAN

Peradaban itu bisa maju dan mundur tergantung siapa yang menguasai
Undang-undang tujuan pendidikan
Ketika kepala sekolah membentuk tim sukses mengajarkan untuk memberikan kunci jawaban, ketika kita menuliskan jagalah kebersihan ternyata tdk ada air ya terpaksa kencing tanpa air.
Pendidikan itu tergantung pada pengkondisian. Seringkali pengkondisian lebih patuh terhadap hukum. Negara maju berkembang lebih banyak karena faktor kepatuhan. Namun itulah serendah2nya keimanan.
Konsistensi kita di mana? Saat kita mengadakan pembiaran.
Bagaimana kita membangun nilai-nilai budaya sosial, membangun kejujuran.
Implikasi terpenting dalam pendidikan, kita butuh revitalisasi pendidikan agama, misi kurikulum karakter dalam kehidupan mata pelajaran dan seluruh kehidupan sekolah.
Pendidikan agama perlu diintegrasikan. Kita hormat pada konsep pendidikan dinia. Pusat2 pendidikan alquran harus direvitalisasi bukan hanya bahasa Inggris tetapi juga bahasa arab.
Menjadi tugas bagi kita semua untuk membuat kurikulum agama di rumah tangga, misalnya membangun keteladanan moral, anak2 selalu menjadikan org tuanya sebagai figur. Islam itu punya kehebatan. Kalau mendidik menggunakan asrama baik untuk merintis pondokan atau asrama. Siatuasi kritis akan melahirkan kreativitas, misalnya mengelola uang, mendisiplinkan. Seyogyanya sama dengan menghasilkan profesi yang berwatak islami. Walaupun kita telah menyiapkan semua aturan dengan baik tetapi pengkondisian tidak dijalankan, maka tidak akan berjalan dengan baik.   


Comments

Popular posts from this blog

MANTRA BUGIS MAKASSAR

MANTRA/  DOANGANG  ( doaG ) ANDI SAHTIANI JAHRIR Mantra sebenarnya lebih sesuai digolongkan ke dalam bentuk puisi bebas, yang tidak terlalu terikat pada aspek baris, rima dan jumlah kata dalam setiap baris. Dari segi bahasa, mantra biasanya menggunakan bahasa khusus yang sukar dipahami. Adakalanya, dukun atau pawang sendiri tidak memahami arti sebenarnya mantra yang hanya memahami kapan mantra tersebut dibaca dan apa tujuannya. Dari segi penggunaan, mantra sangat eksklusif, tidak boleh dituturkan sembarangan, karena bacaannya dianggap keramat dan tabu. Mantra biasanya diciptakan oleh seorang dukun atau pawang, kemudian diwariskan kepada anak keturunan, murid ataupun orang yang ia anggap akan menggantikan fungsinya sebagai dukun. Kemunculan dan penggunaan mantra ini dalam masyarakat Melayu, berkaitan dengan pola hidup mereka yang tradisional dan sangat dekat dengan alam.  Oleh sebab itu, semakin modern pola hidup masyarakat Melayu dan semakin jauh mereka dari ...

PAPPASENG TO UGI

PAPPASENG  BUGIS ( ppes) Pappaseng  berasal dari kata dasar paseng yang berarti  pesan  yang harus dipegang sebagai amanat, berisi nasehat, dan merupakan wasiat yang perlu diketahui dan diindahkan. Pappaseng dalam bahasa Bugis mempunyai makna yang sama dengan  wasiat  dalam bahasa Indonesia.  Pappaseng  dapat pula diartikan  pangaja’  yang bermakna nasihatyang berisi ajakan moral yang patut dituruti.  Dalam tulisan punagi (1983:1) dinyatakan bahwa pappaseng adalah wasiat orang tua kepada anak cucunya (orang banyak) yang harus selalu diingat sehingga amanatnya perlu dipatuhi dan dilaksanakan atas rasa tanggung jawab. Mattalitti (1980:5) juga mengemukakan bahwa  pappaseng  bermakna petunjuk-petunjuk dan nasihat dari nenek moyang orang bugis zaman dahulu untuk anak cucunya agar menjalani hidup dengan baik. Jadi,  pappaseng  adalah wasiat orang-orang tua dahulu kepada anak cucunya (generasi berikutnya) yan...

MAKALAH LANDASAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN

BAB   I PENDAHULUAN Latar Belakang Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan pendidikan  manusia dapat memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Banyak pendidik yang memaksakan kehendaknya kepada peserta didik untuk melakukan hal yang mereka inginkan sedangkan peserta didik sendiri tidak membutuhkanya, maka  setiap guru dituntut untuk memahami teori psikologi pendidikan  agar  potensi yang ada pada peserta didik dapat dikembangkan berdasarkan tahap perkembangannya.  Banyak para ahli yang memaparkan tentang perkembangan  peserta didik diantaranya Piaget, Carl R. Rogers, Kohnstam.  Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga landasan psikologi merupakan salah satu landasan yang penting dalam bidang pendidikan. Sementara itu, keberhasilan pendidik dalam melaksanakan berbagai peranannya akan dipengaruhi oleh tentang  pemahamannya dalam pendidikan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu...