Peradaban itu
bisa maju dan mundur tergantung siapa yang menguasai
Undang-undang
tujuan pendidikan
Ketika kepala
sekolah membentuk tim sukses mengajarkan untuk memberikan kunci jawaban, ketika
kita menuliskan jagalah kebersihan ternyata tdk ada air ya terpaksa kencing
tanpa air.
Pendidikan itu
tergantung pada pengkondisian. Seringkali pengkondisian lebih patuh terhadap hukum.
Negara maju berkembang lebih banyak karena faktor kepatuhan. Namun itulah
serendah2nya keimanan.
Konsistensi kita
di mana? Saat kita mengadakan pembiaran.
Bagaimana kita
membangun nilai-nilai budaya sosial, membangun kejujuran.
Implikasi terpenting
dalam pendidikan, kita butuh revitalisasi pendidikan agama, misi kurikulum
karakter dalam kehidupan mata pelajaran dan seluruh kehidupan sekolah.
Pendidikan agama
perlu diintegrasikan. Kita hormat pada konsep pendidikan dinia. Pusat2
pendidikan alquran harus direvitalisasi bukan hanya bahasa Inggris tetapi juga
bahasa arab.
Menjadi tugas
bagi kita semua untuk membuat kurikulum agama di rumah tangga, misalnya
membangun keteladanan moral, anak2 selalu menjadikan org tuanya sebagai figur. Islam
itu punya kehebatan. Kalau mendidik menggunakan asrama baik untuk merintis
pondokan atau asrama. Siatuasi kritis akan melahirkan kreativitas, misalnya
mengelola uang, mendisiplinkan. Seyogyanya sama dengan menghasilkan profesi
yang berwatak islami. Walaupun kita telah menyiapkan semua aturan dengan baik
tetapi pengkondisian tidak dijalankan, maka tidak akan berjalan dengan baik.
Comments
Post a Comment