Skip to main content

KONSTRUKSI SOAL FINAL


KONSTRUKSI SOAL FINAL


Fakultas                                  : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi                        : Ilmu Administrasi Negara
Kode \ Nama Matakuliah     : KK512203 \ Etika Administrasi Negara
Jumlah SKS                            : 3 SKS
Lama Ujian                             : UTS (90 menit) \ UAS (90 menit)
Jumlah Soal Tes                     : UTS (7 soal) \ UAS (7 soal)               

No.
Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
Jenis Soal
Jumlah Soal
Terbatas
Uraian Bebas
1.
Konsep Etika dan Moral
a.          Etika & moralitas
b.         Landasan etika
c.          Permasalah etika sosial




1


1
2.
Konsep dan Teori Etika Administrasi Publik
a.          Definisi etika administrasi public
b.         Antara legitimasi sosiologis & legitimasi etis
c.          Legitimasi kekuasaan negara
d.         Filsafat normatif bagi aparatur



1


1
3.
Konsep Moral Administrator
a.          Birokrasi: konsep, tujuan & moral
b.         Kehidupan pribadi pejabat pemerintah
c.          Wibawa birokrat
d.         Peran etika dalam pembangunan



1


1
4.
Kode Etik Para Birokrat
a.          Etika kepegawaian & lembaga publik
b.         Hak intelektual, pengetahuan & keterampilan
c.          Etos kerja dalam pemerintahan



1


1
5.
Etika Jabatan & Etika Legislatif
a.          Pengertian jabatan & etika jabatan
b.         Etika yang berlandaskan pancasila
c.          Etika jabatan dalam hubungan antara pimpinan dan karyawan
d.         Hubungan kesejajaran dengan karyawan
e.          Etika jabatan dalam hubungan dengan masyarakat
f.            Etika legislatif





1




1
6.
Etika dalam Kebijakan Publik
a.          Gagasan tentang welfare state
b.         Keadilan social
c.          Partisipiasi masyarakat dalam kebijakan public




1




1


7.
Etika Pelayanan Publik
a.          Urgensi pelayanan publik
b.         Hakikat pelayan publik & etika
c.          Etika birokrasi dalam pelayanan publik



1



1

8.
Birokrasi dan Kepentingan Umum
a.          Asas-asas umum birokrasi yang baik
b.         Nilai yudisial
c.          Norma pengawasan
d.         Kepentingan umum: antara konsep dan praktek




1





1


9.
Integritas & Keetikaan Organisasi
a.          Nilai & prinsip etika layanan publik
b.         Keyakinan public terhadap kejujuran
c.          Etika dalam hubungan masyarakat
d.         Etika & masyarakat madani
e.          Mengelola integritas organisasional
f.            Suasana keetikaan organisasi




2





2
10.
Pertanggungjawaban dalam birokrasi publik
a.          Sistem pertanggungjawaban secara normatif
b.         Mekanisme kawal & imbang
c.          Akuntabilitas birokrasi publik





1


1



11.
a.            Pengembangan etika kerja
b.           Pengembangnan pribadi administrator
c.          Pengembangan diri menjadi orang adil


1

1
12
a.            Wilayah2 rawan penyakit administratif
b.           Pengendalian diri aparatur administrasi
c.            Aparatur sebagai pelaksana amanah


1

1
13.
a.            Pengertian korupsi
b.           Dampak korupsi
c.            Kejahatan pejabat dan hukuman
d.           Buruknya struktur dan hukuman
e.          Upaya menangkal korupsi



1



1


Jumlah Soal
0
14
14

Keterangan:
                   UTS          : Ujian Tengah Semester
UAS          : Ujian Akhir Semester

Comments

Popular posts from this blog

MANTRA BUGIS MAKASSAR

MANTRA/  DOANGANG  ( doaG ) ANDI SAHTIANI JAHRIR Mantra sebenarnya lebih sesuai digolongkan ke dalam bentuk puisi bebas, yang tidak terlalu terikat pada aspek baris, rima dan jumlah kata dalam setiap baris. Dari segi bahasa, mantra biasanya menggunakan bahasa khusus yang sukar dipahami. Adakalanya, dukun atau pawang sendiri tidak memahami arti sebenarnya mantra yang hanya memahami kapan mantra tersebut dibaca dan apa tujuannya. Dari segi penggunaan, mantra sangat eksklusif, tidak boleh dituturkan sembarangan, karena bacaannya dianggap keramat dan tabu. Mantra biasanya diciptakan oleh seorang dukun atau pawang, kemudian diwariskan kepada anak keturunan, murid ataupun orang yang ia anggap akan menggantikan fungsinya sebagai dukun. Kemunculan dan penggunaan mantra ini dalam masyarakat Melayu, berkaitan dengan pola hidup mereka yang tradisional dan sangat dekat dengan alam.  Oleh sebab itu, semakin modern pola hidup masyarakat Melayu dan semakin jauh mereka dari ...

PAPPASENG TO UGI

PAPPASENG  BUGIS ( ppes) Pappaseng  berasal dari kata dasar paseng yang berarti  pesan  yang harus dipegang sebagai amanat, berisi nasehat, dan merupakan wasiat yang perlu diketahui dan diindahkan. Pappaseng dalam bahasa Bugis mempunyai makna yang sama dengan  wasiat  dalam bahasa Indonesia.  Pappaseng  dapat pula diartikan  pangaja’  yang bermakna nasihatyang berisi ajakan moral yang patut dituruti.  Dalam tulisan punagi (1983:1) dinyatakan bahwa pappaseng adalah wasiat orang tua kepada anak cucunya (orang banyak) yang harus selalu diingat sehingga amanatnya perlu dipatuhi dan dilaksanakan atas rasa tanggung jawab. Mattalitti (1980:5) juga mengemukakan bahwa  pappaseng  bermakna petunjuk-petunjuk dan nasihat dari nenek moyang orang bugis zaman dahulu untuk anak cucunya agar menjalani hidup dengan baik. Jadi,  pappaseng  adalah wasiat orang-orang tua dahulu kepada anak cucunya (generasi berikutnya) yan...

MAKALAH LANDASAN PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN

BAB   I PENDAHULUAN Latar Belakang Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dengan pendidikan  manusia dapat memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Banyak pendidik yang memaksakan kehendaknya kepada peserta didik untuk melakukan hal yang mereka inginkan sedangkan peserta didik sendiri tidak membutuhkanya, maka  setiap guru dituntut untuk memahami teori psikologi pendidikan  agar  potensi yang ada pada peserta didik dapat dikembangkan berdasarkan tahap perkembangannya.  Banyak para ahli yang memaparkan tentang perkembangan  peserta didik diantaranya Piaget, Carl R. Rogers, Kohnstam.  Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan manusia, sehingga landasan psikologi merupakan salah satu landasan yang penting dalam bidang pendidikan. Sementara itu, keberhasilan pendidik dalam melaksanakan berbagai peranannya akan dipengaruhi oleh tentang  pemahamannya dalam pendidikan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu...