ANALISIS
CAPAIAN
MATA
KULIAH: Bahasa Indonesia
Disusun oleh: Andi Sahtiani Jahrir, S.Pd., M.Pd.
|
Rumusan
Capaian Pembelajaran
|
||
|
Bidang
Kemampuan
|
Deskripsi
Tingkat Kemampuan
|
Deskripsi
Tingkat Keluasan & Kerumitan Materi Keilmuan
|
|
Kognitif
|
Menerapkan (c3)
|
Konsep dasar teknik merujuk tulisan ilmiah
dengan menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
Psikomotor
|
Menyusun (p2)
|
Menyusun
karya tulis ilmiah dengan teknik merujuk ilmiah dengan menggunakan
|
|
Afektif
|
Melaksanakan (a2)
|
Menulis karya ilmiah dengan teknik merujuk
ilmiah dan Ejaan bahasa Indonesia.
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
CPMK : Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyusun karya ilmiah (makalah) sesuai
dengan teknik merujuk tulisan ilmiah dan
Ejaan Bahasa Indonesia.
Capaian Pembelajaran Khusus (CP-K)
CP-K1 : Mahasiswa mampu Menjelaskan Sejarah dan kedudukan bahasa Indonesia
CP-K2 :
Mahasiswa mampu menjelaskan bahasa Indonesia Ragam Ilmiah
CP-K3 : Mahasiswa
mampu menjelaskan dan menguraikan Ejaan Bahasa Indonesia tata tulis dalam menulis.
CP-K4 : Mahasiswa
mampu menerapkan Ejaan Bahasa Indonesia
tata tulis dalam menulis.
CP-K5 : Mahasiswa
mampu menjelaskan dan menguraikan Ejaan Bahasa Indonesia tanda baca dalam menulis.
CP-K6 : Mahasiswa dapat menerapkan Ejaan Bahasa
Indonesia tanda baca dalam menulis
CP-K7 : Mahasiswa dapat menjelaskan (c2) dan mendiskusikan (a2) konsep membaca kritis
untuk menulis
CP-K8 : Mahasiswa dapat menjelaskan (c2) dan menganalisis (c4)
teknik merujuk tulisan
CP-K9 : Mahasiswa dapat menerapkan teknik merujuk tulisan dalam merujuk tulisan orang lain
CP-K10 : Mahasiswa dapat menjelaskan dan memberi
contoh plagiarisme dalam karya tulis ilmiah
CP-K11 : Mahasiswa dapat menjelaskan tata cara penyusunan dan pengembangan
paragraf yang baik
CP-K12 : Mahasiswa dapat menyusun paragraf yang baik
CP-K 13 : Mahasiswa dapat menjelaskan tata cara dan
teknik penyusunan karya tulis ilmiah (makalah)
CP-K 14 : Mahasiswa dapat menyusun karya tulis ilmiah
(makalah)
Comments
Post a Comment